Ekologi kota Baghdad pada masa pemerintahan Abu Ja'far al Manshur tahun 754-775 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Qiroatul (2023) Ekologi kota Baghdad pada masa pemerintahan Abu Ja'far al Manshur tahun 754-775 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qiroatul Mufidah_A92215113.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Qiroatul Mufidah_A92215113_Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ekologi kota Baghdad pada masa pemerintahan Abu Ja’far Al-Manshur tahun 754-775 M. Dalam skripsi ini terdapat beberapa rumusan masalah, sebagai berikut: siapakah Abu Ja’far Al-Manshur. Bagaimana ekologi kota Baghdad pada masa pemerintahan Abu Ja’far Al-Manshur tahun 754-775 M. Bagaimana dampak ekologi kota Baghdad pada masa pemerintahan Abu Ja’far Al-Manshur terhadap kehidupan masyarakat kota Baghdad. Skripsi ini merupakan penelitian sejarah perkotaan dengan pendekatan historis sosiologis dan menggunakan perspektif diakronik sebagai acuan dalam menjelaskan peristiwa-peristiwa yang terjadi berdasarkan urutan tahun. Pendekatan sosiologi digunakan untuk memaparkan perubahan-perubahan aktivitas sosial, politik, dan pengetahuan yang terjadi setelah adanya urbanisasi masyarakat. Dalam skripsi ini peneliti menggunakan metode penelitian sebagai berikut: heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil dari skripsi ini dapat disimpulkan bahwa Abu Ja’far Al-Manshur merupakan khlifah kedua dari dinasti Abbasiyah yang memprakarsai pembangunan kota Baghdad sebagai ibu kota dinasti Abbasiyah. Ia memiliki kepribadian yang tegas dalam memimpin sehingga pemerintahannya dapat bejalan sesuai dengan instruksinya. Pembangunan kota Baghdad yang berada pada lokasi yang strategis merupakan hal besar yang dilakukan Al-Manshur sehingga berdampak pada segala aspek dalam dinasti Abbasiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Qiroatulmufidahqiroatul@gmail.comA92215113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, M.--2017075901
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Ekologi
Keywords: Abu Ja’far al Manshur; Baghdad; ekologi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Qiroatul Mufidah
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:43
Last Modified: 29 Nov 2023 02:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66379

Actions (login required)

View Item View Item