إعراب الخبر وأنواعه في كتاب لباب الحديث دراسة نحوية بحث تكميلي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Heti Kurnia (2023) إعراب الخبر وأنواعه في كتاب لباب الحديث دراسة نحوية بحث تكميلي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Heti Kurnia Sari_A01216019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an, Al-Qur’an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad sebagai berita dan kabar gembira bagi kaum muslim di seluruh dunia. Bahasa Arab juga merupakan bahasa para sahabat nabi. Yang telah sampai pada kita di antara kitab-kitab hadits yang ditulis dengan bahasa Arab. Kitab Lubab Al-Hadits merupakan kitab karangan Imam Jalaluddin bin Kamaluddin Asy-suyuthi. I’rob adalah perubahan akhir kata karena berbagai amil yang masuk, baik perubahan itu secara lafdzi atau taqdiri. Macam-macam I’rob ada empat, yaitu: Rafa’, Nasab, Jer, dan Jazem. Ke-empat I’rob tersebut yang bias masuk pada isim hanya tiga, yaitu: Rafa’, Nasab, dan Jer. Sedangkan I’rob Jazem tidak bias masuk pada isim. Adapun I’rob yang bias pada fi’il juga ada tiga, yaitu: Rafa’, Nasab, dan Jazem. Sedangkan I’rob Jer tidak bias masuk pada fi’il. Khabar adalah pembahasan dalam segi ilmu nahwu; isim yang dibaca rafa’ dan disandarkan kepada mubtada’ sehingga menjadi kalimat sempurna. Terdapat beberapa pembagian dalam khabar yaitu khabar mufrad, khabar jumlah, dan khabar syibhul jumlah. Berdasarkan hal ini peneliti tertarik mengkaji kitab Lubab Al-Hadits dari segi Nahwu, yaitu i’rab khabar dan macam-macam khabar. Mengenai kesinambungan ilmu nahwu terhadap kitab-kitab berbahasa Arab sangat penting untuk memberi pemahaman terhadap masyarakat tentang susunan kalimat seperti mubtada’ khabar, fi’il fa’il, maf’ul atau dhamir yang kembali pada fa’il dan lain-lain. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Masalah yang ditemukan dalam rumusan masalah terdiri dari dua hal, yaitu: Bagaimana I’rob khabar dalam kitab Lubab al-Hadits? Apa saja jenis khabar dalab Lubab Al-Hadits ? Adapun beberapa hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti, yaitu I’rob dan khabar dalam kitab Lubab Al-Hadits ada 75 khabar, sedangkan macam-macam khabar yang terdapat dalam kitab Lubab Al-Hadits yaitu khabar mufrad sebanyak 16, khabar jumlah fi’liyah 46, khabar jumlah ismiyah2, dan khabar syibhul jumlah sebanyak 11.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Heti Kurniaelhetykurniasary17@gmail.comA01216019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuntaha, Muntaha-2012075901
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Sastra
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: I’rob khabar; macam-macam kabar; kitab Lubab al-Hadits
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Sari Heti Kurnia
Date Deposited: 13 Nov 2023 08:38
Last Modified: 13 Nov 2023 08:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66384

Actions (login required)

View Item View Item