Genealogi, ajaran dan gerakan tarekat at-Tijaniyah di Pondok Al-Asy'ari Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Eva Rusdiana (2023) Genealogi, ajaran dan gerakan tarekat at-Tijaniyah di Pondok Al-Asy'ari Sampang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eva Rusdiana Dewi_E07219009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berfokus pada bagaimana proses dan hasil melacak mengenai pemikiran tokoh tasawuf untuk mengetahui rumusan masalah dalam penelitian ini yakni Genealogi, Ajaran dan Gerakan Tarekat at-Tijaniyah di Pondok Al- Asy’ari Sampang. Dalam Penelitian ini, menggunakan penelitian kualitatif dengan berjenis penelitian studi lapangan. Data yang diperoleh melaui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini berhasil untuk menjawab dari rumusan masalah yang ada mengenai genealogi Tarekat Tijaniyah di Pondok Pesantren Al-Asy’ari yaitu KH. Ahmad Zainul Arifin Bakri yang telah diangkat menjadi muqaddam oleh Syekh Fahruddin dari Maroko pada Tahun 1992, sehingga menjadi peran penting bagi murid dan masyarakat disekitar ponpes Al- Asy’ari. Sedangkan ajarannya tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan Syekh Ahmad Tijani. Isi ajarannya yaitu wirid Ladzim, Wirid Wadifah dan Wirid Hailalah, hanya saja mempunyai perbedaan dalam bahasa untuk mempermudah pengikutnya yang kadang diganti dalam bahasa Madura sehingga menerbitkan buku tentang ajaran-ajaran Tarekat Tijaniyah dalam bentuk latin dan bahasa Madura. Adapun gerakannya lebih menekankan dalam gerakan bidang sosial keagamaan yang harus peduli dengan sesama manusia yaitu: (1). Gerakan sosial yang terdapat dakwah, melakukan zakat, shadaqah dan silaturrahmi. (2). Gerakan politik, dalam gerakannya ini seperti halnya Syekh Ahmad Tijani yang memperjuangkan tentang syariat Islam. Dari adanya Tarekat Tijaniyah di pondok tersebut dapat membuat berubah perilakunya menjadi lebih baik tentunya lebih dekat dengan Allah SWT.
Kata Kunci: Tasawuf, Tarekat, Pondok Pesantren

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Eva Rusdianaeva.rusdianaa.dewi@gmail.comE07219009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@uinsby.ac.id2019107701
Subjects: Pesantren
Tasawuf
Keywords: Genealogi; tarekat at-Tijaniyah; pondok pesantren
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Eva Rusdiana Dewi
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:02
Last Modified: 08 Nov 2023 04:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66386

Actions (login required)

View Item View Item