Implikasi teologi jabariyah pada kemiskinan warga Desa Krembangan Taman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiyah, Ananda Devi Nur (2023) Implikasi teologi jabariyah pada kemiskinan warga Desa Krembangan Taman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Kholifah_B93218156.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nur Kholifah_B93218156_Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam situasi ini, Islam adalah agama yang paling banyak berbicara tentang topik-topik ketuhanan, juga dikenal sebagai ilmu kalam. Masalah ketuhanan melibatkan segala sesuatu yang terkait dengan Tuhan.Fatalisme atau predestinasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sudut pandang ini. Manusia dipaksa untuk terlibat dalam aktivitas kehidupan karena mereka tidak memiliki kapasitas, kemauan, dan kebebasan untuk melakukannya. Sebagaimana persoalan finansial yang membuat manusia berupaya untuk mencari nafkah setiap harinya. Hal ini membawa manusia masuk dalam permasalahan kemiskinan yang biasanya disandingkan dengan masalah kebodohan dan keterbelakangan. Masalah kemiskinan sering dikaitkan dengan masalah bisnis dan etos kerja yang mempengaruhi kehidupan masyarakat dan memaksa mereka untuk dapat bekerja dan berusaha keluar dari kemiskinan. Akan tetapi, banyak arus teologi Islam menentang segala bentuk reformasi. Ini terjadi sebagai akibat dari aliran-aliran ini yang memberikan segalanya hanya kepada Allah. Tanpa perlu usaha atau tenaga manusia, Allah lah yang menentukan kaya atau miskinnya seseorang. Pada kenyataannya, pengetahuan teologis semacam ini telah merajalela di masyarakat, menuntun orang untuk tunduk dan memeluk tujuan yang telah ditetapkan Allah untuk itu. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan pada representasi kemiskinan di desa Krembangan Taman Sidoarjo, Kegiatan perekonomian yang dijalankan seseorang nyatanya sangat berbeda antara satu orang dengan yang lain, beberapa orang ada yang mengandalkan perekonomian hanya berdasarkan nasib saja namun beberapa diantaranya juga selalu berusaha untuk memenuhi perekonomian tersebut hingga mengarah kepada yang lebih baik, terkait teologi jabariyah terhadap kondisi ekonomi bahwa setiap masyarakat mempercayai takdir yang telah ditentukan oleh Allah berdasarkan gambaran keseharian yang mereka jalani. Dalam tataran kehidupan sosialnya tentu saja konsep teologi ini terlihat jelas pada perlakuan sosial masyarakat. Pemahaman ini pula yang membuat masyarakat enggan untuk berusaha lebih keras lagi dalam mencari penghasilan. Pengaruh yang diberikan dari penerapan teologi jabariyah pada individu terdiri atas rasa ketenangan dan kepasrahan, ketenangan dalam mengahadapi kesulitan, pengaruh moral dan tanggung jawab, serta usaha dan tindakan yang bijaksana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiyah, Ananda Devi Nurreandhadevi@gmail.comE91219066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Ekonomi
Kemiskinan
Teologi
Keywords: Teologi; jabariyah; kemiskinan; ekonomi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ananda Devi Nur Islamiyah
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:26
Last Modified: 28 Nov 2023 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66391

Actions (login required)

View Item View Item