Tinjauan hukum pidana Islam terhadap tindak pidana penipuan berbasis online (SCAMPAGE) Polda Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musji, Murni Tri (2023) Tinjauan hukum pidana Islam terhadap tindak pidana penipuan berbasis online (SCAMPAGE) Polda Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Murni Tri Musji_C03218017.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Murni Tri Musji_C03218017_Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (empiris) dengan metode pendekatan penelitian studi kasus, Undang-Undang, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer diperoleh dari wawancara yang dilakukan di Polda Jatim. Sumber data sekunder diperoleh dari jurnal/artikel yang berhubungan dengan tema peneliti. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara dan dokumentasi, adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif yang bersifat deduktif. Penelitian ini dilakukan di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) polda jatim. Hasil penelitian ini menghasilkan 2 (dua) kesimpulan sebagai berikut: Pertama, penegakan hukum yang dilakukan Ditreskrimsus Polda Jawa Timur sejauh ini telah melakukan upaya preventif dan represif. Upaya preventif yang dilakukan guna mencegah terjadinya tindak pidana penipuantersebut dengan melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat agar tidak menjadi korban tindak pidana penipuan online. Upaya represif yang dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Mengingat tindak pidana penipuan secara online diatur secara khusus,sehingga terdapat aturan khusus yang mengaturnya yakni diatur dalam UU ITE. Kedua, tindak pidana penipuan secara online dalam hukum pidana Islam tidak diatur secara spesifik dalam Al-Quran dan Hadist. Namun terdapat perbuatan yang memiliki persamaan unsur dengan penipuan. Hukuman bagi pelaku penipuan berupa hukuma ta’zir yang mana ditetapkan oleh seorang hakim berdasarkan Al-Quran dan Hadist. Penipuan termasuk dalam perbuatan yang berkaitan dengan kemaslahatan individu, selain kerugian terletak pada materil serta menimbulkan keresahan dalam kehidupan. Sehingga dengan hukuman ta’zir diharapkan dapat memberikan efek jera terhadap pelaku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musji, Murni Trirofiqjutiani.ramadhana@gmail.comC03218017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunif, M. Faishol----
Subjects: Hukum Islam
Internet
Lingkungan Hidup
Keywords: Tindak pidana penipuan; online
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Murni tri
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:34
Last Modified: 29 Nov 2023 01:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66401

Actions (login required)

View Item View Item