Pesan dakwah Kiai Haji Muhammad Dawam Soleh di pondok Pesantren al-Islah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najib, Muhamad Misbach (2023) Pesan dakwah Kiai Haji Muhammad Dawam Soleh di pondok Pesantren al-Islah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Misbach Najib_B01219032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu, apa pesan dakwah Kiai Haji Muhammad Dawam Soleh di Pondok Pesantren Al-Ishlah ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah KH Muhammad Dawam Soleh di Pondok Pesantren Al-Ishlah Lamongan, peneliti berusaha menjelaskan secara utuh melalui pengamatan dan pemaparan yang jelas tentang pesan dakwah yang dilakukan oleh Kiai Haji Muhammad Dawam Soleh. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang menggunakan teori analisis semiotik Charles S.Pierce adapun sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yang diambil dari file audio ceramah Kiai Haji Muhammad Dawam Soleh. Sumber data lainnya diperoleh dari data sekunder yang berasal dari buku, jurnal, artikel dan literatur lainnya. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan dokumentasi berupa dokumentasi foto dilapangan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pesan dakwah yang dilakukan Kiai Haji Muhammad Dawam di Pondok Pesantren Al-Ishlah menggunakan menggunakan kata-kata melarang menyembah kepada selain Allah seperti menyembah kepada kuburan yang menandakan menggunakan pesan aqidah, dan juga Kiai Haji Muhammad Dawam Soleh menggunakan kata-kata kewajiban dalam melaksanakan perintah solat zakat dan puasa yang termasuk pesan syariah. Kiai Haji Muhammad Dawam Soleh dalam ceramahnya terdapat pesan akhlak berupa kesabaran ketika meminta pertolongan kepada Allah. Harapan pada penelitian selanjutnya yaitu ada penelitian lain yang memperdalam tentang pengaruh pesan aqidah Kiai Haji Muhammad Dawam Soleh

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najib, Muhamad Misbachmisbach.najib2@gamil.comB01219032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh Aliali.aziz@uinsby.ac.id2009065701
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Pesantren
Keywords: Pesan dakwah; semiotik model Carles S. Peirce
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhamad Misbach Najib
Date Deposited: 14 Nov 2023 03:06
Last Modified: 14 Nov 2023 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66407

Actions (login required)

View Item View Item