Metode dakwah K.H. Su'udi Sulaiman pada jama'ah majlis ta'lim masjid Nurul Iman Petemon Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bawazer, Fuadi (2023) Metode dakwah K.H. Su'udi Sulaiman pada jama'ah majlis ta'lim masjid Nurul Iman Petemon Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fuadi Bawazer_B01219015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan metode dakwah yang digunakan K.H. Su’udi Sulaiman pada jama’ah majelis ta’lim di Masjid Nurul Iman Petemon Surabaya. Penelitian ini juga memaparkan keberhasilan dakwah KH. Su’udi Sulaiman di masjid Nurul Iman Petemon Surabaya untuk menunjukkan efektifitas metode dakwah yang digunakan. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif, adapun sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yang terdiri dari hasil wawancara dengan K.H. Su’udi Sulaiman, Munir Sairodji sebagai ketua takmir dan Abdul Hadi, Hanif Setiyono, dan Zulham Yahya sebagai jama’ah Masjid Nurul Iman. Sumber data yang diperoleh dari sumber data premier dan data sekunder yang berasal dari hasil wawancara, dokumentasi, buku, jurnal dan segala data pendukung penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode dakwah KH. Su’udi Sulaiman dilakukan dengan tiga cara yaitu penyampaian ceramah secara santun, lemah lembut, mudah diterima, dan membekas, penerapan metode tanya jawab, serta sikap dan perilaku KH. Su’udi Sulaiman sebagai figur panutan masyarakat. Jika dilihat dari perspektif teori, cara dakwah tersebut termasuk metode bi al-hikmah, mau’idzoh hasanah, sl-mujadalah, dan bi al-qudwah. Rekomendasi dalam skripsi ini agar ke depannya dapat menjadi acuan kepada peneliti-peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji skripsi tentang metode dakwah KH. Su’udi Sulaiman pada jama’ah majelis ta’lim Masjid Nurul Iman Petemon Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bawazer, Fuadifuadybawazerrzx@gmail.comB01219015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPardianto, Pardiantopardianto@uinsby.ac.id2022067303
Subjects: Dakwah > Dakwah - Metode
Masjid
Keywords: Metode dakwah; KH. Su’udi Sulaiman; majlis ta’lim
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fuadi Bawazer
Date Deposited: 10 Nov 2023 09:04
Last Modified: 10 Nov 2023 09:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66413

Actions (login required)

View Item View Item