Pengembangan media peta sumber daya alam berbasis animasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di MI Nurul Huda 1 Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuruddin, Iswatul Khasanah (2023) Pengembangan media peta sumber daya alam berbasis animasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di MI Nurul Huda 1 Kota Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iswatul Khasanah_F52A19292 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Iswatul Khasanah_F52A19292.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pengembangan media pembelajaran peta sumber daya alam berbasis animasi, implementasi media peta sumber daya alam berbasis animasi, dan keefektifan hasil pengembangan media peta sumber daya alam berbasis animasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di MI Nurul Huda 1 Kota Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE karena model ADDIE merupakan metode penelitian yag digunakan untuk mengembangkan atau memvalidasi produk-produk yang digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran baik untuk produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggung jawabkan. Desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Desaign dengan model Nonequivalent Control Group Desaign. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan desain ( media peta sumber daya alam berbasis animasi ) dengan desain yang disesuaikan dengan teori perkembangan kognitif siswa dan kebutuhan siswa, serta diperbaiki berdasarkan saran-saran para ahli. Media peta sumber daya alam berbasis animasi yang dikembangkan merupakan media digital yang bisa diakses melalui laptop atau handphone sejenisnya dan bisa diunduh atau didownload kapan saja sesuai dengan kebutuhan. Hasil uji ahli menunjukkan bahwa media peta sumber daya alam berbasis animasi ahli media mendapatkan nilai rata-rata 95%, ahli materi memberikan nilai rata-rata 97,5%, dan ahli psikologi 92,5% yang berada pada kategori sangat valid/layak kemudian dari penilaian 3 ahli tersebut dilakukan uji Aiken’s V menunjukkan bahwa CVI ≥ 0,8 artinya media peta sumber daya alam berbasis animasi yang dikembangkan peneliti memiliki validitas yang tinggi. Sedangkan dilihat dari hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa, media ini dinyakan cukup efektif. Hasil uji independen sampel t test menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik untuk kelas eksperimen dan kelompok kontrol karena nilai signifikansi adalah 0,45 ≤ 0,05. lebih lanjut peneliti juga melakukan uji N-Gain yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain kelompok eksperimen adalah 64,434 berkategori sedang ( cukup efektif). Sedangkan nilai rata-rata N - Gain pada kelompok kontrol adalah 40,873 berkategori rendah ( kurang efektif ). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media peta sumber daya alam berbasis animasi lebih efektif daripada media peta besar Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuruddin, Iswatul Khasanahiswatulkhasanah98@gmail.comF52A19292
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah78@yahoo.com2028097802
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Game Online
Minat Siswa
Keywords: Peta sumber daya alam; animasi; kemampuan berpikir kritis
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khasanah Iswa Iswatul
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:41
Last Modified: 11 Dec 2023 08:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66423

Actions (login required)

View Item View Item