Analisis makna pesan kerinduan seorang istri kepada suami yang telah meninggal pada lirik lagu “Rindu Tak Bersuara” karya Alffy Rev Ft. Feby Putri : analisis semiotika model Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachman, Dwiki Alvian (2022) Analisis makna pesan kerinduan seorang istri kepada suami yang telah meninggal pada lirik lagu “Rindu Tak Bersuara” karya Alffy Rev Ft. Feby Putri : analisis semiotika model Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwiki Alvian Rachman_B05218009 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pesan Kerinduan pada Lirik Lagu “Rindu Tak Bersuara” karya Alffy Rev ft. Feby Putri dengan klarifikasi melalui analisis teks media Roland Barthes. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Representasi dengan menitik beratkan pemaknaan pada lirik lagu. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana makna denotasi, makna konotasi, dan mitos yang terdapat dalam lirik lagu serta Bagaimana makna pesan kerinduan seorang istri kepada sosok suami yang telah meninggal terhadap lirik lagu “Rindu Tak Bersuara” oleh Alffy Rev Ft. Feby Putri dalam perspektif semiotika model Roland Barthes. Penelitian ini menunjukkan hasil semiotika yakni, makna denotasi ingin menyampaikan pesan rindu yang sangat mendalam kepada kekasih yang telah meninggal. Makna konotasi, penulis merasakan kesendirian dalam kesehariannya karena tidak bisa bertemu lagi dengan kekasih serta tidak lagi bisa mengulang masa-masa bersama kekasih dan hanya bisa pasrah dengan keadaan. Mitos ingin menyampaikan pesan melalui lirik lagu bahwa mengurangi rasa kerinduan terhadap kekasih yang telah meninggal dengan mengingat masa-masa indah disaat hujan tiba.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachman, Dwiki Alviandwikialvian070@gmail.comB05218009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, Abdullah--2017126501
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Dakwah - Metode
Komunikasi
Keywords: Analisis Semiotika; Pesan Kerinduan; Lirik Lagu Rindu Tak Bersuara
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2023 12:26
Last Modified: 07 Nov 2023 12:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66430

Actions (login required)

View Item View Item