Pengaruh penerapan e-filing, pengetahuan perpajakan, kesadaran wajib pajak, dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Uswatun (2023) Pengaruh penerapan e-filing, pengetahuan perpajakan, kesadaran wajib pajak, dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uswatun Hasanah_G02219036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kepatuhan wajib pajak merupakan suatu kondisi menaati, mematuhi dan melaksanakan segala tugas perpajakan berdasarkan undang-undang. Kepatuhan wajib pajak menarik untuk dibahas mengingat banyak faktor yang dapat mempengaruhinya seperti penerapan e-filing, pengetahuan perpajakan, kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan dan lain sebagainya. Dengan menggunakan keempat variabel tersebut dapat meningkatkan kepatuhan perpajakan serta pendapatan negara untuk mendukung pemerataan pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan e-filing, pengetahuan perpajakan, kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di kantor pelayanan pajak (KPP) pratama Bangkalan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel berjumlah 100, yang diperoleh dari metode slovin. Teknik pengumpulan sampel menggunakan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan SPSS versi 27 untuk mengolah data, serta menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan e-filing, Kesadaran wajib pajak, Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan Pengetahuan perpajakan tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Teori yang digunakan masing variabel berbeda-beda diantaranya teori technology acceptance model, teori learning behavioral, teori planned of behavioral dan teori atribusi. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak KPP Pratama Bangkalan agar mempertahankan kualitas pelayanan yang disediakan karena variabel tersebut memiliki pengaruh yang paling dominan. Selain itu, diharapkan kantor pelayanan pajak melakukan transparansi penggunaan perolehan pajak dialokasikan untuk kegiatan yang memiliki manfaat jangka panjang maupun jangka pendek kepada masyarakat. Hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dan menghindari asumsi negatif dari masyrakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Uswatunuswatunhusein37@gmail.comG02219036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustin-2008088302
Subjects: Ekonomi Islam
Pajak bumi dan bangunan
Pajak dan Perpajakan
Keywords: Kepatuhan; e-filing; pengetahuan pajak; kesadaran; kualitas pelayanan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 15 Nov 2023 06:37
Last Modified: 15 Nov 2023 06:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66440

Actions (login required)

View Item View Item