Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan nelayan tradisional di Desa Greges, Kecamatan Asemrowo, Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadeani S, Desinta (2022) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan nelayan tradisional di Desa Greges, Kecamatan Asemrowo, Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Desinta Fadeani S_H74217025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sumberdaya perikanan dan kelautan secara potensial dapat dimanfaatkan guna meningkatkan kesejahteraan para nelayan. Permasalahan yang sering dialami oleh nelayan tradisional adalah minimnya pendapatan yang mereka peroleh. Hingga saat ini permasalahan tersebut belum teratasi di Desa Greges. Keadaan alam dan geografis yang berada di pesisir menjadikan masyarakat Desa Greges meningkatkan produktifitasnya dengan menghasilkan hasil tangkap laut dengan pendapatan yang tidak menentu yang dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan nelayan berdasarkan hasil tangkap dalam sekali trip dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pendapatan nelayan di Desa Greges, Kecamatan Asemrowo, Surabaya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yang dipakai adalah nelayan tradisional dan memiliki peralatan melaut sendiri, rumus slovin yang digunakan yaitu 10% dari jumlah populasi 400 orang sehingga tingkat kepercayaan pada penelitian ini yaitu 90% dan menghasilkan sampel sebanyak 80 orang. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan alat analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa estimasi rata-rata pendapatan nelayan sekali trip adalah Rp 204.375 dengan pendapatan bersih rata-rata Rp 112.923. Hasil untuk analisis faktor yang mempengaruhi pendapatan nelayan menunjukkan bahwa secara simultan variabel X1 (kondisi fisik nelayan), X2 (pengalaman), X3 (jarak tempuh), X4 (biaya produksi), X5 (peralatan), X6 (keanggotaan), X7 (musim), X8 (Pendidikan), X9 (Harga ikan), dan X10 (Jumlah tangkapan) berpengaruh signifikan terhadap pendapatan nelayan,sedangkan secara parsial hanya X8 (Pendidikan) yang tidak berpengaruh secara signifikan bagi nelayan tradisional di Desa Greges.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadeani S, Desintadesinta3112@gmail.comH74217025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiawan, Fajarfajar_404@yahoo.com2006058402
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsby.ac.id2026068701
Subjects: Ekonomi
Ilmu Kelautan
Penghasilan Daerah
Keywords: Analisis regresi linear berganda; faktor pendapatan; nelayan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Desinta Fadeani Siregar
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:10
Last Modified: 15 Nov 2023 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66443

Actions (login required)

View Item View Item