Pengaruh kegiatan keputrian terhadap pemahaman materi pendidikan agama Islam bagi siswi SMPN 26 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Natasya Amellya (2023) Pengaruh kegiatan keputrian terhadap pemahaman materi pendidikan agama Islam bagi siswi SMPN 26 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Natasya Amellya Rachmawati_D01219040.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan keputrian merupakan sebuah kegiatan yang berisikan bimbingan mengenalkan kedudukan dan hak-hak perempuan dalam Islam, mempelajari akhlaq atau perilaku perempuan, kesetaraan atau emansipasi serta hal-hal yang berhubungan dengan akhlaq perempuan, kewajiban dan hak perempuan sampai fiqih perempuan (fiqih nisa’). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya sebuah pengaruh kegiatan keputrian terhadap pemahaman pendidikan agama Islam (PAI) bagi siswi yang mengikuti kegiatan tersebut. Beberapa masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini, yakni: (1) Penerapan kegiatan keputrian di SMPN 26 Surabaya (2) Pemahaman PAI siswi SMPN 26 Surabaya (3) Pengaruh keputrian terhadap pemahaman PAI bagi siswi SMPN 26 Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex post facto dan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang terkumpul berbentuk kuesioner mengenai kegiatan keputrian dan bentuk tes untuk mengukur pemahaman PAI siswi SMPN 26 Surabaya. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah uji analisis regresi linear sederhana guna melihat apakah terdapat pengaruh kegiatan keputrian terhadap pemahaman PAI serta mengukur berapa presentasenya. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) Kegiatan keputrian di SMPN 26 Surabaya merupakan kegiatan ko-kurikuler yang dilaksanakan setiap hari rabu yang bertujuan untuk memberikan materi seputar keputrian serta membahas masalah remaja putri, seperti: kesehatan reproduksi perempuan, akhlaq yang baik bagi seorang perempuan, permasalahan seputar haid, nifas dan istihadhah, rukhsah (keringanan) puasa bagi seorang perempuan, adab bergaul dengan lawan jenis, dan isu-isu yang menarik untuk dibahas. (2) Sebelum menerima materi keputrian, pemahaman PAI siswi kelas VII SMPN 26 Surabaya terhadap materi seputar risalatul mahid, akhlaq yang baik bagi perempuan, batasan bergaul dengan lawan jenis, serta pemahaman rukhsah puasa bagi perempuan cenderung rendah dengan nilai rata-rata 73.3, sedangkan setelah menerima materi tersebut dalam kegiatan keputrian terdapat peningkatan pemahaman dengan nilai rata-rata 88.3. (3) Terdapat sebuah pengaruh dari kegiatan keputrian terhadap pemahaman materi PAI bagi siswi SMPN 26 Surabaya dibuktikan dengan hasil uji analisis regresi linear sederhana yang menunjukkan bahwa nilai signifikasi 0.000 < 0,05, artinya variabel X berpengaruh terhadap variabel Y dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.30 yang mengandung pengertian bahwa variabel bebas (keputrian) memiliki pengaruh terhadap variabel terikat (pemahaman PAI) sebesar 30%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawati, Natasya Amellyanatasyaamellyar@gmail.comD01219040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Thesis advisorNiam, Khoirun-2025077001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Remaja
Keywords: Kegiatan keputrian; pemahaman PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Natasya Amellya Rachmawati
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:14
Last Modified: 27 Nov 2023 01:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66460

Actions (login required)

View Item View Item