Konflik tambang emas di hutan adat: studi kasus di Desa Lubuk Bedorong, Kecamatan Limun, Kabupaten Sarolangun, Jambi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asadz, Muhammad (2023) Konflik tambang emas di hutan adat: studi kasus di Desa Lubuk Bedorong, Kecamatan Limun, Kabupaten Sarolangun, Jambi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Asadz_E94219025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Konflik tambang emas Di Hutan Adat (Studi Kasus Di Desa Lubuk Bedorong) ini bertujuan untuk mengetahui relasi antar aktor yang berkonflik pada tambang emas didalam hutan adat masyarakat desa Lubuk Bedorong, serta mengetahui bagaimana fase dan dampak akibat terjadinya konflik pada tambang emas tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan teknik dokumentasi. Sumber data diambil dari informan penelitian dengan teknik Purposive Sampling. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa relasi antar aktor yang melatar belakangi terjadinya konflik di hutan adat masyarakat Desa Lubuk Bedorong ini dapat dibagi menjadi tiga kelompok kepentingan yaitu : kelompok pebisnis, pemerintah, dan masyarakat. Kelompok bisnis ditunggangi oleh para pemodal dan mafia tambang, kelompok pemerintah diaktori oleh oknum aparat keamanan dan pemerintah kabupaten Sarolangun, dan kelompok masyarakat diaktori oleh masyarakat Desa Lubuk Bedorong yang mempertahankan hutan adat mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asadz, Muhammade94219025@student.uinsby.ac.idE94219025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwarko, AndiAndisuwarko@uinsby.ac.id2010117401
Subjects: Izin Usaha
Konflik sosial
Politik
Keywords: Konflik; tambang emas
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Asadz Muhammad Asadz Asadz
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:40
Last Modified: 16 Nov 2023 06:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66463

Actions (login required)

View Item View Item