Pengaruh pengetahuan akuntansi, pengelolaan keuangan akuntansi, sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan UMKM (Studi kasus pada para pelaku UMKM kecamatan Tenggilis Mejoyo kota Surabaya yang memiliki toko permanen)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Putri Afriyanti (2023) Pengaruh pengetahuan akuntansi, pengelolaan keuangan akuntansi, sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan UMKM (Studi kasus pada para pelaku UMKM kecamatan Tenggilis Mejoyo kota Surabaya yang memiliki toko permanen). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Afriyanti Amalia_G02219031.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kualitas laporan keuangan sebuah perusahaan dilihat dari seberapa besar informasi yang disajikan oleh sebuah perusahaan itu bisa berguna bagi seluruh penggunanya. Kualitas laporan keuangan bisa dilihat dari berbagai faktor seperti pengetahuan akuntansi, pengelolaan keuangan akuntansi, dan sistem informasi akuntansi. Adapun tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan seberapa signifikan pengaruh pengetahuan akuntansi, pengelolaan keuangan akuntansi, dan sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan pada UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan jenis data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dengan penyebaran kuesioner berskala likert, dimana populasinya adalah pelaku UMKM di Kecamatan Tenggilis Mejoyo di Bidang F&B yang memiliki toko permanen dan yang membuat laporan keuangan secara digital. Dari populasi tersebut dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, didapatkan sampel sejumlah 86 responden. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinearitas), dan statistik deskriptif. Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji T, dan uji koefisien determinasi R2dengan bantuan SPSS versi 26.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh signifikan dari pengetahuan akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan. Namun pada variabel pengelolaan keuangan akuntansi dan sistem informasi akuntansi terdapat pengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Bagi Dinas Koperasi dan UMKM diharapkan dapat melakukan penyuluhan secara berkala kepada UMKM guna meningkatkan kualitas SDM dan juga memberikan pelayanan terbaik guna keberlangsungan dari UMKM tersebut agar dapat bersaing guna mengembangkan usahanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Putri Afriyantig02219031@student.uinsby.ac.idG02219031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Akuntansi
Keywords: Pengetahuan akuntansi; pengelolaan keuangan akuntansi; sistem informasi akuntansi; kualitas laporan keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Putri Afriyanti Amalia
Date Deposited: 15 Nov 2023 06:59
Last Modified: 15 Nov 2023 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66473

Actions (login required)

View Item View Item