Moderasi Islam dalam al-qur’an dan aktualisasinya dalam konsep Islam Nusantara: q.s. al-baqarah: 143

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khilyatul, Fathimatus Syahadah (2023) Moderasi Islam dalam al-qur’an dan aktualisasinya dalam konsep Islam Nusantara: q.s. al-baqarah: 143. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fathimatus Syahadah Khilyatul_E73218038 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kecenderungan pemahaman agama yang radikal dan fundamental (ekstrim kanan dan ekstrim kiri). Kecenderungan-kecenderungan yang ekstrim tersebut membahayakan dan bertentangan dengan karakter Islam yang moderat (wasath). Sikap moderat yang dianjurkan dalam Alqur’an dalam penerapannya bukanlah suatu perkara yang mudah, untuk itu perlu adanya upaya agar moderasi (wasath) dapat menjadi acuan dalam berpikir, dan berperilaku umat Islam, salah satu upaya melalui praktik pemahaman pemikiran Islam Nusantara. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana moderasi Islam dalam penafsiran surah al-Baqarah ayat 143. (2) Bagaimana keterkaitan moderasi Islam dalam konsep pemikiran Islam Nusantara. Serta bertujuan untuk mendeskripsikan moderasi Islam dalam penafsiran surah al Baqarah ayat 143 dan bagaimana keterkaitan moderasi Islam dalam konsep pemikiran Islam Nusantara. Permasalahan penelitian ini dibahas dengan menggunakan metode tafsir tahlili, yaitu dengan mengkaji ayat 143 surah al-Baqarah dengan menganalisis sebab turunya ayat, munasabah, makna kosa kata dan penafsiran ayat tersebut. Penelitian ini termasuk jenis library research, data dikumpulkan dari kitab tafsir, Alqur’an dan buku-buku yang relevan dengan tema pembahasan. Kemudian data dianalisis lalu disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penafsiran ummatan wasathan (moderasi) dalam surah al-Baqarah: 143 adalah umat Islam yang mengikuti ajaran nabi, yaitu menjadi umat yang wasath. Wasath dalam artian adil dan seimbang dalam berbagai hal aspek kehidupan. (2) Aktualisasi nilai moderasi Islam dalam Islam Nusantara adalah ajaran Islam yang memiliki karakter santun dan moderat, serta dapat bersentuhan dengan segala aspek kehidupan di masyarakat, melaui prinsip-prinsip persatuan, toleransi, keadilan, kemanusian dan non diskriminasi. Demikian tujuan visi kerahmatan Islam dapat dirasakan dengan tercapainya kehidupan yang harmonis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khilyatul, Fathimatus Syahadahfatimah.khilyah@gmail.comE73218038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulk.umami@uinsby.ac.id0001614
Subjects: Islam dan Humanisme
Islam
Keywords: Modersi Islam; Tafsir Ummatan Wasathan; Islam Nusantara
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2023 23:16
Last Modified: 11 Nov 2023 23:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66475

Actions (login required)

View Item View Item