Konstruksi moderasi beragama pada masyarakat Multi-Religious: studi kasus di Desa Besowo, Kepung, Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alimah, Helfiana Miftakhul (2023) Konstruksi moderasi beragama pada masyarakat Multi-Religious: studi kasus di Desa Besowo, Kepung, Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Helfiana Miftakhul Alimah_E92219061 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Desa Besowo, Kepung, Kediri memilliki tingkat keragaman agama yang tinggi. Namun masih mampu mempertahankan tradisi untuk menjadi masyarakat yang damai, harmoni, dan toleran. Penelitian ini membahas “Konstruksi Moderasi Beragama Pada Masyarakat Multi-Religious di Desa Besowo, Kepung, Kediri.” Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana masyarakat Desa Besowo melakukan eksternalisasi moderasi beragama? 2) Bagaimana masyarakat Desa Besowo obyektivasi moderasi beragama? 3) Bagaimana masyarakat Desa Besowo internalisasi moderasi beragama? Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan model studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: i) wawancara, ii) observasi, dan iii) dokumentasi. Adapun, analisis data penelitian ini menggunakan Spreadly. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) eksternalisasi moderasi beragama dalam bentuk saling menghormati, saling memuliakan, dan tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari, 2) obyektivasi moderasi beragama dalam pembiaran anak memilih agama, mendorong umat beragama untuk lebih intens, nyaman, dan , merasa aman dalam beribadah, dan 3) internalisasi berbentuk keyakinan bersama secara tidak tertulis pada Masyarakat Besowo. Hal ini bisa didapati baik dalam penggunaan bahasa maupun Tindakan keseharian masyarakat Besowo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alimah, Helfiana Miftakhulhelfianamalimah@gmail.comE92219061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Agama
Keywords: Moderasi Beragama; eksternalisasi; obyektivasi; internalisasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2023 04:38
Last Modified: 12 Nov 2023 04:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66478

Actions (login required)

View Item View Item