Mengungkap praktik akuntansi dalam penentuan harga jual pada pedagang di Pasar Rebo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Atik Khoirun (2023) Mengungkap praktik akuntansi dalam penentuan harga jual pada pedagang di Pasar Rebo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atik Khoirun Nisa_G02219010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Praktik akuntansi merupakan sebuah kajian yang relevan terhadap berbagai fenomena. Sehingga praktik akuntansi dalam penelitian ini juga dapat disejajarkan dengan institusi yang lainnya seperti pendidikan, profesi, agama dan lain-lain serta menarik untuk diangkat lebih luas. Lantas tidak semua lini dapat dan mampu mempraktikkan akuntansi atas kegiatan ekonomi yang telah dilakukan. Hal itu tidak lain dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diantaranya meliputi lingkungan, pola pikir, tingkat pendidikan dan tingkat pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap praktik akuntansi dalam penentuan harga jual berdasarkan perspektif pedagang di pasar rebo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan mendasar pada paradigma interpretif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Alat analisis yang digunakan adalah fenomenologi transedental dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan lima tahapan dalam fenomenologi transedental yaitu, noema, epoche (bracketing), noesis, intentional analysis dan eidetic reduction. Hasil penelitian ini adalah praktik akuntansi pedagang berdasarkan dari pemahaman akuntansi oleh informan. Hasil dari pemaknaan tersebut adalah “sebuah ilmu untuk mengelola keuangan berupa pembukuan yang secara umum mudah ditemui diperkantoran”. Pemaknaan tesebut sesuai dengan pengalaman dan kesadaran pedagang. Berdasarkan dari statement tersebut terbukti ternyata pedagang di pasar rebo belum mempraktikkan akuntansi meskipun dengan bentuk yang sederhana. Praktik akuntansi yang dimaksudkan adalam praktik pencatatan, penentuan harga jual serta penentuan dan pemaknaan laba. Hal tersebut dirasa menambah beban dan membuat pedagang merasa bingung serta masalah tersebut dapat diatasi dengan modal ingatan saja. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi profesinal akuntansi ataupun para akademisi melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk membantu para pedagang disekitar lokasi penelitian agar dapat dengan mudah mengerti serta memahami terkait dengan standar akuntansi sederhana sehingga dapat melakukan pencatatan dengan lebih baik lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Atik Khoirunatikkn12@gmail.comG02219010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAristantia, Selvia Ekaselviaekaaristantia@gmail.com2030079304
Subjects: Akuntansi
Jual Beli
Keywords: Akuntansi; praktik akuntansi; pencatatan; fenomenologi transedental; pedagang
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Atik Khoirun Nisa
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:52
Last Modified: 21 Nov 2023 03:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66492

Actions (login required)

View Item View Item