Pengembangan unit usaha pondok pesantren melalui ekoproteksi: studi kasus pada pondok pesantren Sunan Drajat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Isnaini Maulidatu (2023) Pengembangan unit usaha pondok pesantren melalui ekoproteksi: studi kasus pada pondok pesantren Sunan Drajat Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isnaini Maulidatu Nisa’_G04218026.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga yang memiliki banyak potensi, termasuk potensi ekonomi. Dalam meningkatkan potensi tersebut merupakan tantangan bagi pesantren agar mampu menyejahterakan perekonomian pesantren itu sendiri maupun masyarakat luas. Salah satu yang telah dilakukan dalam kemandirian Pondok Pesantren Sunan Drajat adalah dengan membangun berbagai unit usaha yang bergerak diberbagai sektor. Pondok Pesantren membutuhkan suatu manajemen dalam pengembangan unit usaha adapun strategi yang dapat digunakan memiliki peran instrumen sebagai jaminan atas kelancaran dan kemudahan, serta melindungi usaha yang telah diperankan secara aktif oleh internal pesantren tersebut. Instrumen yang dipandang tepat adalah ekoproteksi. Ekoproteksi adalah perlindungan dalam ekonomi pesantren dalam rangka kemandirian dengan mewujudkan atau melepaskan diri dari ketergantungan serta membangun dan mempertahankan eksistensinya, melalui ekonomi yang diaktualisasikan dengan fungsi manajemen ekonomi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen pengembangan unti usaha Pondok Pesantren Sunan Drajat dan bagaimana strategi pengembangan unit usaha Pondok Pesantren Sunan Drajat melalui ekoproteksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen unit usaha dan pengembangan unit usaha melalui ekoproteksi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang bersifat penelitian secara langsung di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan dengen pengelola perekonomian Pondok Pesantren Sunan Drajat. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen dalam pengembangan unit usaha telah berjalan lancar sesuai manajemen yang telah ditetapkan. Perencanaan yang mengembangkan produk dimiliki perekonomian pesantren dan program kerja join bisnis, penerapan sistem kerja dengan sembilan budaya kerja dan evaluasi yang dilakukan mingguan, bulanan dengan metode KPI (Key Performance Indicators). Strategi ekoproteksi dengan perlindungan internal pesantren (Kyai, Lembaga, pendidik dan pendidikan) yang telah dilakukan terhadap adanya perekonomian pesantren akan tetapi kurangnya dukungan dari ekternal pemerintah. Dengan adanya penelitian ini diharapkan unit usaha Pondok Pesantren menjaga manajemen dengan baik untuk kedepannya, membuat perencanaan yang rinci terhadap setiap kegiatan ekonomi dalam unit usaha, sehingga setiap proses kegiatan akan berjalan lancar. Peran dalam instrumen ekoproteksi yang harus diberikan terutama untuk pemerintah lebih memperhatikan, mendukung serta memfasilitasi terhadap unit usaha yang telah berjalan maupun yang akan berdiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Isnaini Maulidatumaulidatunisa19@gmail.comG04218026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsegaf, M. Maulanamaulanaasegaf@gmail.com2104098701
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen
Keywords: Pondok pesantren; manajemen pengembangan; unit usaha; ekoproteksi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Isnaini Maulidatu Nisa'
Date Deposited: 20 Nov 2023 05:04
Last Modified: 20 Nov 2023 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66496

Actions (login required)

View Item View Item