Implementasi laporan keuangan usaha penjualan hasil laut Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dalam menerapkan SAK EMKM: studi kasus di Reliza Fish Supplier Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asvonica, Asvonica Widya Rahma (2022) Implementasi laporan keuangan usaha penjualan hasil laut Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dalam menerapkan SAK EMKM: studi kasus di Reliza Fish Supplier Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asvonica Widya Rahma_G92219083 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Asvonica Widya Rahma_G92219083.pdf

Download (6MB)

Abstract

SAK EMKM merupakan standar akuntansi keuangan yang berdiri sendiri yang dapat digunakan oleh entitas yang memenuhi definisi entitas tanpa akuntabilitas publik yang signifikan sebagaimana yang diatur dalam Undang- Undang No 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan dalam proses pencatatan UMKM Reliza Fish Supplier yang tidak sesuai dengan SAK EMKM. Tujuan penelitian ini adalah implementasi SAK EMKM pada UMKM Reliza Fish Supplier. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode observasi tempat dan wawancara langsung kepada Narasumber serta dokumentasi kepada Bapak Reza Surya selaku pemilik UMKM Reliza Fish Supplier. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa UMKM Reliza Fish Supplier memiliki laporan keuangan sederhana, pencatatan yang dimiliki masih manual hanya mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap harinya. Penelitian ini menghasilkan laporan keuangan UMKM Reliza Fish Suppplier per 31 Desember 2022 berdasarkan SAK EMKM yang terdiri dari laporan laba rugi, laporan posisi keuangan dan catatan atas laporan keuangan. Saran yang dapat disampaikan penulis dari hasil penelitian UMKM Reliza Fish Supplier melakukan pencatatan semua transaksi sehingga nantinya dapat dengan mudah membuat laporan keuangan serta membuat laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asvonica, Asvonica Widya Rahmaasvonicara@gmail.comG92219083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLathifah, Nurulnurullathifah.febiuinsa@gmail.com0728058901
Subjects: Administrasi > Administrasi Umum
Akuntansi
Ekonomi Islam
Keywords: Laporan keuangan; hasil laut; Tempat Pelelangan Ikan (TPI); SAK EMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: asvonica widya rahma
Date Deposited: 06 Feb 2024 08:47
Last Modified: 06 Feb 2024 08:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66500

Actions (login required)

View Item View Item