Analisis SWOT pada pengembangan BUMDES Podho Joyo Desa Sukorejo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik dalam perspektif ekonomi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiansyah, Eko Feri (2023) Analisis SWOT pada pengembangan BUMDES Podho Joyo Desa Sukorejo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik dalam perspektif ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eko Feri Ardiansyah_G04216023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan BUMDES Podho Joyo di Desa Sukorejo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik, serta bagaimana Analisis SWOT pada strategi pengembangan BUMDES Podho Joyo di Desa Sukorejo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Metodologi penelitian yang digunakan dalam Penelitian yang dilakukan pada BUMDES Podho Joyo Desa Sukerejo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun pada penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan berdasarkan data primer maupun data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian Skripsi yang dilakukan pada BUMDES Podho Joyo Desa Sukeroje Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik ini, peneliti mengaitkan perspektif Ekonomi Islam pada pengembangan BUMDES Podho Joyo Desa Sukorejo Kecamatan Sidayau Kabupaten Gresik menggunakan Analisis SWOT. Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian ini yaitu BUMDES Podho Joyo dalam hal pengembangan sudah dikatakan lebih baik dilihat dari pengelolaan yang mereka lakukan seperti halnya dengan adanya pemberlakuan struktur organisasi untuk menciptakan pengelolaan pengembangan yang lebih baik. Kemudian Pengelola BUMDES Podho Joyo serta pegawai unit-unit menggunakan teori SWOT untuk mengetahui kekuatan, dan kelemahan yang dimilik serta peluang dan ancaman yang dihadapi. Selanjutnya, Pengelola BUMDES Podho Joyo yang didukung oleh beberapa pihak dari unit-unit yang ada memeberikan informasi kepada peneliti bahwa BUMDES Podho Joyo sudah melakukan yang ada dalam teori Ekonomi Islam yang meliputi, Kepemilikan, Keseimbangan dan Keadilan. Adapun rekomendasi yang dapat menjadi bahan masukan kepada Pengelola BUMDES Podho Joyo Desa Sukerojo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik yaitu diharapkan menjalankan komunikasi yang lebih massif kepada pegawai yang ada di unit-unit BUMDES Podho Joyo sehingga ketika ada permasalahan tidak berpengaruh negaitf terhadap kegiatan operasional yang dimiliki setiap unit BUMDES Podho Joyo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiansyah, Eko Feriferyardiansyah539@gmail.comG04216023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Ekonomi Islam
Pengembangan perkotaan
Keywords: Analisis SWOT; BUMDES; ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Eko Feri Ardiansyah
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:39
Last Modified: 17 Nov 2023 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66501

Actions (login required)

View Item View Item