Relevansi nilai pendidikan akhlak dalam surah yusuf dengan pembentukan akhlak siswa di SMP Darul Fatwa Kwanyar Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamdani, Moh. (2023) Relevansi nilai pendidikan akhlak dalam surah yusuf dengan pembentukan akhlak siswa di SMP Darul Fatwa Kwanyar Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Hamdani_02040821018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai pendidikan akhlak yang ada di Surah Yusuf ayat 21-25, pembentukan akhlak siswa di SMP Darul Fatwa dan relevansi nilai pendidikan akhlak dalam Surah Yusuf dengan pembentukan akhlak siswa di SMP Darul Fatwa Kwanyar Bangkalan. Penelitian ini memanfaatkan kitab tafsir sebagai analisis dalam mencari nilai pendidikan akhlak, sedangkan dalam penelitian lapangannya menggunakan data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara secara mendalam terhadap responden yang terpilih. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang dipakai menggunakan deskriptif kualitatif hingga dihasilkan temuan-temuan secara alamiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan akhlak yang didapat dari Al Qur’an Surah Yusuf ayat 21-25 adalah: Nilai kemandirian, Nilai rendah hati, Nilai ihsan, Nilai tanggung jawab, Nilai teguh pendirian, dan Nilai menghindari dari berdua-duaan. Dan faktor pembentukan akhlak di SMP Darul Fatwa yaitu dari kebiasaan siswa, pemberian materi tentang akhlak, bimbingan guru sampai dengan aturan-aturan yang ada di SMP Darul Fatwa. Kemudian dari kedua data tersebut menghasilkan bahwa pembentukan akhlak siswa SMP Darul Fatwa Kwanyar Bangkalan sudah sangat relevan dengan nilai pendidikan akhlak dalam Surah Yusuf ayat 21-25 sehingga siswa mempunyai pemahaman dan proses pembentukan akhlak yang holistik terkait pemahaman akhlak dan pengaplikasiannya dalam kehidupan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamdani, Moh.mohhamdani64@gmail.com02040821018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyudi, SuyudiUNSPECIFIED2001045703
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Subjects: Akhlak
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Al Qur'an
Keywords: Relevansi; nilai pendidikan akhlak; pembentukan akhlak siswa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh. Hamdani
Date Deposited: 21 Nov 2023 06:53
Last Modified: 21 Nov 2023 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66515

Actions (login required)

View Item View Item