Pemberdayaan masyarakat melalui edukasi sadar sampah dalam menciptakan lingkungan yang bersih di Dusun Margosantoso Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyunintiyas, Tri (2023) Pemberdayaan masyarakat melalui edukasi sadar sampah dalam menciptakan lingkungan yang bersih di Dusun Margosantoso Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tri Wahyunintiyas_B72219076 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Tri Wahyunintiyas_B72219076.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang permasalahan lingkungan yang terjadi di Dusun Margosantoso Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Mulai dari masyarakat yang membakar sampah di pekarangan rumah, membuang sampah di sungai, kurangnya fasilitas gorong-gorong yang diberikan pemerintah desa, serta kurangnya edukasi lingkungan kepada masyarakat. Terdapat tiga penelitian yakni, Bagaimana Kondisi Lingkungan Masyarakat Dusun Margosantoso, Bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah sebagai upaya peningkatan kebersihan dan kelestarian lingkungan di Dusun Margosantoso, Bagaimana hasil dari proses pemberdayaan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan lestari di Dusun Margosantoso. Jawaban dari fokus penelitian ini yaitu, Sampah menjadi permasalahan utama yang masih belum terselesaikan di Indonesia, salah satunya adalah di Desa Margosantoso, Hal ini karena belum adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ada di Desa Margosantoso tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukannya edukasi tentang sampah dan pengelolaannya, Hasil pengorganisasian dapat dilihat melalui adanya perubahan di masyarakat memiliki pemahaman tentang lingkungan sehat, masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan tidak lagi membuang sampah di sungai, dan pemerintah desa mencukupi fasilitas gorong- gorong untuk masyarakat, Problem bermula dari kebiasaan masyarakat membuang sampah di sungai, lahan rawan longsor, area hutan, dan pekarangan. Masyarakat menginginkan adanya solusi dari permasalahan tersebut dengan adanya perubahan mainset walaupun hidup dalam keadaan serba kekurangan namun masih ada upaya untuk menangani pengelolaan sampah. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Metode PAR (Participatory Action Research) dirancang untuk mengkonsep suatu perubahan dalam prosesnya. Langkah pertama yang dilakukan membangun kepercayaan di masyarakat, langkah kedua menentukan strategi bersama masyarakat, dan langkah ketiga membangun kesepakatan bersama masyarakat sampai terwujudnya perencanaan aksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi lingkungan masyarakat di Dusun Margosantoso, menemukan strategi pemberdayaan, dan mengetahui hasil dari proses pemberdayaan yang dicapai. Pendampingan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan riset aksi partisipatoris atau biasa dikenal sebagai Participatory Ation Researh (PAR). Prosedur penelitan yang dilakukan mulai dari assessment awal, inkulturasi, menentukan agenda riset, pemetaan partisipatif, merumuskan masalah dan harapan, menyusun strategi pemberdayaan, pengorganisasian masyarakat, melancarkan aksi perubahan, hingga melaksanakan monitoring, evaluasi, dan refleksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyunintiyas, Tritriwahyunintiyasyunin@gmail.comB72219076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Lingkungan Hidup
Masyarakat Islam
Masalah sosial
Keywords: Masyarakat; edukasi sadar sampah; lingkungan bersih
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Tri Wahyu
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:46
Last Modified: 11 Dec 2023 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66528

Actions (login required)

View Item View Item