Cognitive disputation melalui sholawat burdah untuk mengatasi stres seorang santri di Pesantren as-Salafi al-Fithrah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana R., Ach Andrian (2023) Cognitive disputation melalui sholawat burdah untuk mengatasi stres seorang santri di Pesantren as-Salafi al-Fithrah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ach Andrian Maulana R_B03219002.pdf

Download (9MB)

Abstract

Ach Andrian Maulana R, B03219002. Cognitive Disputation melalui Sholawat Burdah untuk Mengatasi Stres Seorang Santri Di Pesantren As-Salafi Al-Fithrah Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan cognitive disputation melalui sholawat burdah untuk mengatasi stres seorang santri di pesantren as-salafi al-fithrah Surabaya serta bagaimana hasil proses cognitive disputation melalui sholawat burdah untuk mengatasi stres seorang santri di pesantren as-salafi al-fithrah Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif komparatif. Dalam penelitian ini melakukan perbandingan perilaku konseli sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling. Hasil dari cognitive disputation melalui sholawat burdah untuk mengatasi stres seorang santri dapat diketahui dari perubahan perilaku konseli sebelum dan sesudah melakukan sesi konseling. Konseli sebelum melakukan konseling memiliki problem stres yang berdampak kesulitan berkonsentrasi, mudah gelisah, dan sulit beradaptasi. Setelah melakukan proses konseling terdapat perubahan perilaku seperti; konseli mampu mengatasi rasa minder dengan lebih percaya diri ketika bersosial, lebih tenang dalam menyikapi sesuatu dan lebih berani dalam berinteraksi dengan orang lain terutama orang baru dalam hidupnya. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa cognitive disputation melalui sholawat burdah mampu untuk mengatasi stres seorang santri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana R., Ach Andrianachandrianmaulanar@gmail.comB03219002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Mohamadmohamadthohir@uinsby.ac.ic2017057902
Subjects: Agama
Bimbingan Konseling
Spiritualisme
Keywords: Cognitive disputation; sholawat burdah; stres
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ach Andrian Maulana R.
Date Deposited: 22 Nov 2023 08:51
Last Modified: 22 Nov 2023 08:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66533

Actions (login required)

View Item View Item