Implementasi program tahfidzul qur'an usia dewasa dalam meningkatkan karakter religius di Griya al Qur'an Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokhim, Ahmad Abdur (2023) Implementasi program tahfidzul qur'an usia dewasa dalam meningkatkan karakter religius di Griya al Qur'an Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Abdur Rokhim_02040820002.pdf

Download (12MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Isi kandungannya terdapat nilai-nilai yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Problemnya banyak umat Islam yang belum bisa membaca, menghafal dan memahami isi kandungannya, sehingga baru belajar pada saat usia sudah dewasa. Motivasi mereka dalam belajar tidak sekedar bisa membaca, menghafal dan memahami isinya, tapi juga mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi pribadi yang lebih baik. Melalui program tahfidzul Qur’an usia dewasa ditanamkan nilai-nilai religius untuk membentuk akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program tahfidzul Qur’an usia dewasa di Griya Al-Qur’an Sidoarjo, menganalisis proses pelaksanaan program tahfidzul Qur’an usia dewasa di Griya Al-Qur’an Sidoarjo, menganalisis karakter religius yang ditanamkan melalui program tahfidzul Qur’an usia dewasa di Griya Al-Qur’an Sidoarjo dan menganalisis proses peningkatan karekter religius melalui program tahfidzul Qur’an usia dewasa di Griya Al-Qur’an Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di Griya Al-Qur’an Sidoarjo. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program tahfidzul Qur’an usia dewasa di Griya Al-Qur’an Sidoarjo terdiri dari 3 macam, yaitu program inti berupa pembelajaran rutin di kelas, program pendukung dan program pembiasaan 7 amal harian; 2) Proses pelaksanaan program tahfidzul Qur’an usia dewasa di Griya Al-Qur’an Sidoarjo menggunakan model pembelajaran “SAHaBAT” yang meliputi aktivitas Salam, Apersepsi, Hafalkan, Baca Simak Berpasangan, Apresiasi dan Tutup. Adapun untuk metode menghafal menggunakan metode “AKRAB”, yakni Amati, Kaji, Repetisi, Asosiasi, dan Baca 10 kali; 3) Karakter religius yang ditanamkan melalui program tahfidzul usia dewasa di Griya Al-Qur’an Sidoarjo meliputi nilai-nilai Ukhuwah, Mujahadah, Mubda’, Amanah, Tawadhu’ dan Ihtiram yang disingkat UMMATI; 4) Proses peningkatan karakter religius di Griya Al-Qur’an Sidoarjo menggunakan strategi dan metode pembiasaan pada nilai-nilai positif, keteladanan guru dan juga pemberian hadiah (reward) kepada peserta teladan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokhim, Ahmad Abdurrokhim1589@gmail.com02040820002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Al Qur'an
Keywords: Tahfidzul Qur'an; usia dewasa; karakter religius
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Abdur Rokhim
Date Deposited: 27 Nov 2023 04:21
Last Modified: 27 Nov 2023 04:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66568

Actions (login required)

View Item View Item