Alih kode dan campur kode pada nawala catch me up

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'isyah, Arshafa Rana Ayu (2023) Alih kode dan campur kode pada nawala catch me up. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arshafa Rana Ayu A’isyah_A94219046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Catch me up merupakan portal berita yang memiliki sistem berlangganan dengan tujuan untuk menggaet pembaca terutama dari kalangan anak muda yang kurang dapat memiliki waktu untuk mendapatkan informasi terkait berita harian. Penggunaan Bahasa campuran antara Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris dengan tujuan kalau berita bersifat menyenangkan dan mudah dicerna seperti halnya meme dan candaan lainnya yang banyak beredar di internet. Catch me up merangkum beragam berita dalam beberapa hari dengan topik yang penting baik dari berita dalam negeri maupun luar negeri. Berita akan dikirim setiap pagi hari pukul 06.00 WIB yang langsung masuk dalam inbox e-mail. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bentuk alih kode dan campur kode pada nawala catch me up, 2) mengetahui faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode pada nawala catch me up menggunakan kajian sosiolinguistik dengan teori Suwito. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik simak catat. Data yang dipilih oleh penulis berasal dari nawala yang terdapat alih kode dan campur kode nawala catch me up yang dikirim setiap hari Senin-Jum’at karena penulis telah berlangganan melalui nawala catch me up. Catch me up edisi Juni tanggal 5-22 Juni digunakan sebagai sumber analisis data pada kajian ini. Hasil temuan data tersebut menjabarkan serta mengklasifikasikan bentuk alih kode dan campur kode serta menjabarkan faktor yang melatarbelakangi terjadinya alih kode dan campur kode. Hasil analisis data ditemukan 6 bentuk alih kode eksternal dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, 6 bentuk campur kode eksternal dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Terdapat 3 faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode pada penelitian ini yaitu penggunaan istilah popular, terbatasnya penggunaan kode, dan untuk bergensi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'isyah, Arshafa Rana Ayuarshafaranaayuaisyah@gmail.comA94219046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Mas'anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Thesis advisorSeptiyani, Rizki EndiRIZKIENDISEPT@UINSBY.AC.ID2021098805
Subjects: Bahasa Indonesia
Internet
Linguistik
Keywords: Alih kode; campur kode; sosiolinguistik; catch me up
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Arshafa Rana Ayu A'isyah
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:09
Last Modified: 27 Nov 2023 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66574

Actions (login required)

View Item View Item