Kesadaran masyarakat terhadap pelaksanaan zakat penghasilan di Desa Mengare Watuagung Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik: analisis kesadaran menurut Sigmunf Freud

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Pegi Dian Puji (2023) Kesadaran masyarakat terhadap pelaksanaan zakat penghasilan di Desa Mengare Watuagung Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik: analisis kesadaran menurut Sigmunf Freud. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Pegi Dian Puji Wardani_G05219025 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Pegi Dian Puji Wardani_G05219025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembahasan zakat penghasilan pada desa Megare Watuagung ini sangatlah minim karena adanya beberapa problem yaitu rendahnya populasi dan potensi masyarakat serta kurangnya pengetahuan dalam menyadarkan masyarakat untuk melaksanakan zakat penghasilan di desa Megare Watuagung kecamatan Bungah kabupaten Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari permasalahan terkait tentang bagaimana kesadaran masyarakat terhadap zakat penghasilan di desa Mengare Watuagung kecamatan Bungah kabupaten Gresik dan kesadaran masyarakat menurut teori kesadaran Sigmunf Freud. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mendiskripsikan tentang bagaimana respon dan tanggapan masyarakat tentang pelaksanaan zakat penghasilan, dari beberapa responden ada yang menanggapi peneliti dengan baik dan ada juga yang kurang baik. Hasil dari penelitian pada kesadaran masyarakat menunjukkan bahwa masyarakat desa Mengare membutuhkan bimbingan dan arahan dari pihak LAZ atau ulama-ulama yang ada di desa setempat, karena kalau tidak seperti ini maka para muzakki yang ada di desa Mengare ini akan mengabaikan dan menganggap remeh terkait tentang zakat. Pada kesadaran masyarakat desa Mengare menurut teori Sigmunf Freud mereka lebih masuk kedalam tingkat prasadar karena dari beberapa informan mereka sudah mengatahui bahwa dirinya diwajibkan untuk melakukan zakat penghasilan tetapi belum sempurna, karena yang mereka keluarkan tidak sesuai dengan ketentuan hukum Islam. Maka dari itu zakat penghasilan di desa Mengare harus lebih ditekankan dan dilaksanakan, karena jumlah dari penghasilan muzakki mempunyai tingkatan yang tinggi, walaupun secara kenyataan bahwa muzakki lebih sedikit dari mustahiq.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Pegi Dian Pujipegidian03@gmail.comG05219025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitisitimusfiqoh@uinsby.ac.id2013087601
Thesis advisorDikuraisyin, Basarbasardikuraisyin@uinsby.ac.id2129118801
Subjects: Masyarakat
Amil Zakat
Keywords: Masyarakat; zakat; penghasilan; analisis kesadaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Pegi Sari
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:12
Last Modified: 04 Dec 2023 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66583

Actions (login required)

View Item View Item