Peranan pesantren Shiddiqiyyah Jombang dalam pemberdayaan ekonomi umat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Muhammad Zainul Miftahul (2023) Peranan pesantren Shiddiqiyyah Jombang dalam pemberdayaan ekonomi umat. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zainul Miftahul Arifin_F02419134 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Zainul Miftahul Arifin_F02419134.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pesantren sebagai lembaga pendidikan islam, dakwah dan sosial memiliki peran penting dalam tatanan kehidupan masyarakat, pesantren juga memiliki potensi untuk dapat mengubah ekonomi kehidupan masyarakat agar menjadi lebih baik melalui pemberdayaan yang ada di pondok pesantren. Tujuan pada penelitian ini adalah pertama, potensi apa saja yang dimiliki oleh Pesantren Shiddiqiyyah. kedua, bagaimana kegiatan dan bentuk pemberdayaan ekonomi umat yang ada di Pesantren Shiddiqiyyah beserta dampaknya terhadap masyarakat. ketiga, faktor pendukung dan penghambat dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat pada Pesantren Shiddiqiyyah Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode pendekatan deskriptif. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara mendalam, observasi, partisipatif, dokumentasi, audio visual dan studi pustaka, yang memiliki hubungan dengan Peranan Pesantren Shiddiqiyyah Jombang Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, potensi yang dimiliki oleh Pesantren Shiddiqiyyah Jombang dalam meningkatkan ekonomi umat yaitu ; pertama, pendidikan formal, santri, alumni dan warga simpatisan pesantren. kedua, peran dan kegiatan yang dilakukan pesantren dalam pemberdayaan ekonomi umat yaitu ; pengembangan usaha yang dimiliki DHIBRA sebagai operasional kegiatan yang dijalankan oleh DHIBRA, Koperasi Khozanah Shiddiqiyyah memberikan modal usaha kepada warga yang membutuhkan dalam membuka bisnis usaha, memberikan pembinaan, pelatihan, membuka lapangan pekerjaan, santunan fakir, miskin, anak yatim, dan batuan beasiswa bagi murid yang berprestasi dan kurang mampu. ketiga, faktor pendukung adalah cita-cita yang dimiliki oleh pimpinan pesantren Shiddiqiyyah, komitmen warga yang mengikuti program tajrin naf’ah dan pemberdayan sumber daya manusia (SDM), untuk faktor penghambat adalah banyaknya persaingan bisnis usaha yang semakin ketat, banyaknya masyarakat yang meminta bantuan kepesantren, dan keterbatasan masyarakat dalam berwirausaha. Adapun saran dari Pesantren Shiddiqiyyah Jombang dalam pemberdayaan ekonomi umat harus menambah SDM dalam melakukan pendampingan, monitoring dan evaluasi kepada warga yang diberikan pinjaman modal usaha dan menyelenggarakan seminar mengenai kewirausahaan sehingga warga yang diberdayakan bisa lebih faham dan mengetahui pentingnya kehidupan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Muhammad Zainul Miftahularifinaje2023@gmail.comF02419134
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZahro, Ahmad-2007065501
Thesis advisorFageh, Achmadachmadfageh@gmail.com0703067304
Subjects: Ekonomi Islam
Pesantren
Keywords: Pesantren Shiddiqiyyah'; pemberdayaan ekonomi
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Zainul Miftahul Arifin
Date Deposited: 04 Dec 2023 04:43
Last Modified: 04 Dec 2023 06:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66584

Actions (login required)

View Item View Item