Sistem kerjasama Ayos Coffee dengan komunitas menurut perspektif etika bisnis Islam di Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rambe, Muarif Alfarizi (2023) Sistem kerjasama Ayos Coffee dengan komunitas menurut perspektif etika bisnis Islam di Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muarif Alfarizi Rambe_G74218101.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sistem Kerjasama Ayos Coffee dengan Komunitas Menurut Perspektif Etika bisnis Islam di Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara” Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem kerjasama yang dijalani Ayos Coffee dengan komunitas yang selanjutnya ditinjau lebih dalam dengan perspektif etika bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik penelitian, analisis data menggunakan model Miles dan Huberman serta didukung oleh beberapa studi literature atau studi pustaka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan mewawancara kepada Owner Ayos Coffee, Komunitas Motor, Musik dan Skatebord orang yang telah memenuhi syarat dan ketentuan untuk menjadi subjek penelitian atau narasumber. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sistem kerjasama Ayos Coffee yang melkukan kerjasama dengan komunitas dapat mendukung keberhasilan bisnis dengan bekerjasma Ayos Coffee dapat meningkatkan kreativitas. Saat bekerja dengan orang lain, ide-ide baru dan berbeda akan muncul dari masing-masing individu. Dalam kerjasama, setiap orang dapat berkontribusi dengan ide-ide unik mereka yang dapat membantu mencapai tujuan yang sama. Tinjauan Aksioma etika bisnis islam, hampir semua telah dilakukan pada kerja sama Ayos Coffee dengan komunitas, namun belum memenuhi aspek maqashid syariah. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada para pelaku bisnis Muslim khususnya yang melakukan konsinyasi, agar menambah wawasan tentang praktik konsinyasi/ partnership dalam etika bisnis islam yang tetap menjunjung tinggi nilai nilai etika bisnis yang dianjurkan dalam agama. Karena tanpa disadari kewajiban seorang Muslim atas menjalankan bisnis harus berlandaskan nilai-nilai keislaman yang bukan hanya terbatas produk yang dihasilkan harus halal, namun pada praktik kerjasama harus sangat memperhatikan etika bisnis dalam agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rambe, Muarif Alfarizimuariffarizi2110@gmail.comG74218101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAtho’illah, Akhmad Yunanyunan.athoillah@gmail.com2005018101
Subjects: Ekonomi Islam
Etika
Wirausaha
Keywords: Kerjasama; usaha mikro; komunitas; etika bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muarif Alfarizi Rambe
Date Deposited: 28 Nov 2023 02:18
Last Modified: 28 Nov 2023 04:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66587

Actions (login required)

View Item View Item