Tinjauan prinsip-prinsip ekonomi islam terhadap pelaksanaan tradisi bhubuwan di Desa Tenggun Dajah Kecamatan Klampis Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maslahah, Maslahah (2023) Tinjauan prinsip-prinsip ekonomi islam terhadap pelaksanaan tradisi bhubuwan di Desa Tenggun Dajah Kecamatan Klampis Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maslahah_G94219165.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Maslahah_G94219165_Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada hakikatnya bhubuwan merupakan bentuk sumbang-menyumbang guna meringankan beban pemilik hajatan. Namun, berbeda dengan masyarakat Desa Tenggun Dajah yang menganggap bhubuwan sebagai hutang-piutang. Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan tradisi bhubuwan serta tinjauan prinsip-prinsip ekonomi Islam di Desa Tenggun Dajah Kecamatan Klampis Bangkalan. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang pelaksanaan dan prosedur tradisi bhubuwan ditinjau dari prinsip-prinsip ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Supali Kasim terkait dengan pelaksanaan bhubuwan yang sebenarnya. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam metode penelitian ini, peneliti melakukan observasi di lokasi penelitian terkait dengan poin yang akan dibahas (dikaji). Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan cara berfikir deduktif yaitu untuk menganalisa data yang kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tradisi bhubuwan dimulai dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui aparatur Desa sebagai bentuk perizinan. Setelah memperoleh izin, pihak penyelenggara kemudian memberikan undangan bhubuwan kepada warga secara langsung kecuali yang tidak dapat dijangkau barulah mengirim undangan via sosial media. Bhubuwan laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan yang signifikan baik secara prosedur ataupun nominal. Berdasarkan analisis terkait prinsip-prinsip ekonomi Islam, dapat dinyatakan bahwa pelaksanaan bhubuwan di Desa Tenggun Dajah Kecamatan Klampis Bangkalan sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam yang memuat prinsip tauhid, keadilan, mashlahah, keseimbangan, amanah dan ta’awun. Dari penelitian ini perlu adanya edukasi khusus bagi masyarakat agar pada pelaksanaannya dalam akad disesuaikan dengan akad-akad yang ada dalam ekonomi Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maslahah, Maslahahmaslahah789@gmail.comG94219165
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id--
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Bhubuwan; ekonomi Islam dan tradisi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S.E Maslahah Maslahah
Date Deposited: 29 Nov 2023 08:01
Last Modified: 29 Nov 2023 08:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66594

Actions (login required)

View Item View Item