Analisis hukum islam terhadap praktik Public Display Of Affection (PDA) melalui instagram oleh pasangan suami istri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Kharisma Aulia (2023) Analisis hukum islam terhadap praktik Public Display Of Affection (PDA) melalui instagram oleh pasangan suami istri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kharisma Aulia Rahman_C71218066 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adapun data sekunder dari penelitian ini adalah dari postingan atau unggahan berupa foto yang telah di unggah di media platform instagram, oleh beberapa pasangan suami istri. Serta sumber primernya yaitu dari al-Qur’an, hadis, buku-buku tentang fiqh dan artikel-artikel yang berkaitan dengan penelitian. Ditinjau dari kepenulisannya, maka ini termasuk dalam penelitian empiris kualitatif dengan analisis teknik deduktif. Praktik PDA yang terjadi pada beberapa pasangan suami istri ini, dalam hal pamer kemesraan terhadap publik. Terdapat beberapa bentuk kemesraan pasangan suami istri yang dipamerkan ialah seperti berpegangan tangan, berciuman, berpelukan serta bermanja-manja dalam foto yang di posting. Sedang dalam tinjauan hukum Islam, hal ini adanya suatu kemadharatan yaitu bisa memicu kekhawatiran yang membuat orang lain menimbulkan adanya sahwat atau nafsu birahi dengan memandangi foto-foto atau bentuk kemesraan yang ditampilkan atau dipertunjukkan ke public. Dijatuhi hukuman mubah, karena berkaitan hal-hal yang telah mereka lakukan itu memberikan sebuah pilihan jika mereka melakukannya. Dari adanya praktik-praktik PDA ini, disarankan supaya para pasangan muda untuk lebih memahami batasan dalam ranah bermesraan yang ditujukan ke publik. Sebab dalam menikah itu dilakukan dengan adanya komunikasi 2 arah. Juga diperlukan adanya bekal pada pasangan muda-mudi sebelum menikah untuk penguat dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, Kharisma Auliakharismaaulia103@gmail.comC71218066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMalik, Arif Jamaluddinarjamal77@gmail.com2006117202
Subjects: Perkawinan
Keywords: Praktik Public Display of Affection; Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Nov 2023 08:50
Last Modified: 25 Nov 2023 08:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66595

Actions (login required)

View Item View Item