Studi komparasi pemikiran tasawuf modern Hamka dan Said Nursi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shihab, M. Quraish (2022) Studi komparasi pemikiran tasawuf modern Hamka dan Said Nursi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Quraish Shihab_F02119005 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini berjudul Studi Komparasi Pemikiran Tasawuf Modern Hamka dan Said Nursi. Ada tiga pokok persoalan yang akan diteliti yaitu : 1) Bagaimana pemikiran tasawuf modern dalam perspektif Hamka, 2) Bagaimana pemikiran tasawuf modern dalam perspektif Said Nursi, 3) Bagaimana persamaan dan perbedaan pemikiran Hamka dan Said Nursi. Tesis ini menggunakan metode penelitian yang berbasis library research, yaitu sebuah data penelitian yang menggunakan rujukan sebuah buku yang ada kaitannya dengan penelitian tesis ini. Penelitian ini menjelaskan bagaimana perbandingan antara tasawuf Hamka dan Said Nursi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Persamaan Hamka dan Said Nursi adalah mengenai konsep tazkiyatun nafs (penyucian diri) merujuk kepada Al-Qur"an dan As-Sunnah. Penjelasannya adalah, Al-Qur"an dan As-Sunnah merupakan rujukan utama untuk meraih potensi tazkiyatun nafs karena di dalam Al-Qur"an dan As-Sunnah merupakan pegangan utama dalam meraih level ma"rifatullah. 2) pemikiran tasawuf Hamka dan Said Nursi memiliki sebuah perbedaan diantaranya adalah: tasawuf Hamka adalah tasawuf sunni yang condong kepada urusan duniawi, sedangkan pemikiran tasawuf Said Nursi adalah tasawuf yang merujuk kepada Syekh Abdul Qadir Al-Jailani karena Syekh Abdul Qadir Al-Jailani merupakan guru ruhani bagi Said Nursi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shihab, M. Quraishquraishshihab80@gmail.comF02119005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhanirofhani@uinsby.ac.id2030017101magis
Subjects: Al Qur'an
Tasawuf
Hadis
Keywords: Tasawuf Modern; Tazkiyatun Nafs; Hamka; Said Nursi.
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2023 02:23
Last Modified: 26 Nov 2023 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66601

Actions (login required)

View Item View Item