Peran pembiayaan modal usaha sejahtera (MUS) dengan akad murabahah dalam pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di KSPPS Bina Syariah Ummah Cabang Cerme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masyruroh, Rofiqotum (2023) Peran pembiayaan modal usaha sejahtera (MUS) dengan akad murabahah dalam pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di KSPPS Bina Syariah Ummah Cabang Cerme. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rofiqotum Masyruroh_G94219182.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Rofiqotum Masyruroh_G94219182_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2026.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian terkait “Peran Pembiayaan Modal Usaha Sejahtera (MUS) dengan Akad Murabahah dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di KSPPS Bina Syariah Ummah Cabang Cerme”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pelaksanaan pembiayaan Modal Usaha Sejahtera (MUS) dengan akad murabahah oleh KSPPS Bina Syariah Ummah Cabang Cerme, serta bagaimana peran pembiayaan Modal Usaha Sejahtera (MUS) dengan akad murabahah oleh KSPPS Bina Syariah Ummah Cabang Cerme dalam pemberdayaan UMKM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan metode kualitatif berjenis deskriptif, data dan sumber data dalam penelitian ini didapat dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh akan diuji menggunakan teknik triangulasi sumber data untuk selanjutnya dianalisis hingga mendapatkan hasil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan Modal Usaha Sejahtera (MUS) dengan akad murabahah oleh KSPPS Bina Syariah Ummah Cabang Cerme dalam pelaksanaannya secara umum sudah sesuai dengan fatwa pertama di Fatwa DSN MUI No. 04/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Murabahah. Namun ada 2 poin yang tidak sesuai dengan pelaksanaan yang dijalankan oleh pihak KSPPS Bina Syariah Ummah Cabang Cerme yaitu pada poin ke-4 dan poin ke-9. Lalu pada peran pembiayaan Modal Usaha Sejahtera (MUS) dalam pemberdayaan UMKM sudah cukup berperan namun belum maksimal. Dengan adannya pembiayaan MUS ini nasabah sangat terbantu dalam memenuhi kebutuhan permodalan usahanya. Beberapa nasabah sudah merasakan dampaknya terhadap peningkatan stok barang, peningkatan produktivitas, serta peningkatan pendapatan. Namun masih ada salah satu nasabah yang belum merasakan dampaknya terhadap peningkatan pendapatan karena menggunakan dana pembiayaan MUS selain untuk modal usaha juga digunakan untuk keperluan konsumtif. Peneliti menyarankan agar KSPPS Bina Syariah Ummah Cabang Cerme lebih memerhatikan lagi terkait pelaksanaan pembiayaan Modal Usaha Sejahtera (MUS) dengan akad murabahah untuk disesuaikan dengan Fatwa DSN MUI No. 04/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Murabahah agar pembiayaan murabahah yang dijalankan sesuai dengan prinsip syariah. Agar pembiayaan MUS berperan maksimal dalam pemberdayaan UMKM maka selain dengan bantuan modal, KSPPS juga bisa memberikan pendampingan dan pembinaan kepada nasabah UMKM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masyruroh, Rofiqotumrofiqotummasyruroh5@gmail.comG94219182
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitimusfiqohzuhroh@yahoo.co.id2013087601
Subjects: Bank Koperasi
Murabahah
Pedagang
Keywords: KSPPS; pembiayaan murabahah; pemberdayaan UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rofiqotum Masyruroh
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:37
Last Modified: 30 Nov 2023 03:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66604

Actions (login required)

View Item View Item