Implementasi speed bump menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2021 di Jemur Wonosari Kota Surabaya perspektif maslahah mursalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Awwali, Habib Busyro (2023) Implementasi speed bump menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2021 di Jemur Wonosari Kota Surabaya perspektif maslahah mursalah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Habib Busyro Al Awwali_C05219010_Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Habib Busyro Al Awwali_C05219010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang implementasi speed bump menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2021 di Jemur Wonosari Kota Surabaya dalam perspektif maṣlaḥah mursalah. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang diangkat dari rumusan masalah, diantaranya, Bagaimana implementasi speed bump menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2021 di Jemur Wonosari Kota Surabaya dalam perspektif maṣlaḥah mursalah? Bagaimana Analisis pandangan maṣlaḥah mursalah ulama mazhab Maliki dan Wahbah al-Zuhaili terhadap speed bump di Jemur Wonosari Kota Surabaya? Jenis penelitian ini menggunakan lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Semua data diolah secara induktif. Kerangka teoretis digunakan untuk penuntun pembahasan agar lebih fokus dari penelitian tersebut. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa jumlah speed bump yang berada di Kelurahan Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya adalah 58 buah 21 diantaranya berada pada Gang Lebar yang berstatus sebagai jalur alternatif serta terhubung dengan tempat-tempat ramai dan penting dan juga jarak antar speed bump dengan estimasi rata-rata antara lain 10 meter dengan ukuran ketinggian mencapai 10 cm hingga 15 cm dan lebar antara 25 cm hingga 30 cm kesimpulan dengan adanya speed bump yang banyak menjadi tidak sesuai dengan prinsip maṣlaḥah mursalah berikutnya speed bump di kelurahan tersebut tidak sesuai dengan prinsip maṣlaḥah mursalah ulama mazhab Maliki dan Wahbah Al-Zuhaili berdasarkan hasil analisa dari data lapangan wawancara dan observasi. Sejalan dengan kesimpulan tersebut, maka diharapkan untuk pihak-pihak yang bertanggungjawab atas pembangunan speed bump di Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya ini memperbaiki speed bump yang sudah tidak layak agar sesuai dengan prinsip maṣlaḥah mursalah yang bermanfaat bagi orang banyak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Awwali, Habib Busyrocoykamim@gmail.comc05219010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hamidy, Abu Dzarrinadzarrin2015@gmail.com2004067302
Subjects: Perbandingan Madzhab
Keywords: speed bump; maslahah mursalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Habib Busyro Al awwali
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:47
Last Modified: 29 Nov 2023 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66606

Actions (login required)

View Item View Item