Komunikasi dakwah persuasif Hasan al Banna

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habiburrohman, Izzudin (2023) Komunikasi dakwah persuasif Hasan al Banna. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izzudin Habiburrohman_B91216092 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)
[img] Text
Izzudin Habiburrohman_B91216092.pdf

Download (783kB)

Abstract

Komunikasi persuasif adalah salah satu cabang ilmu komunikasi yang memiliki tujuan tidak sebatas menyampaikan pesan/ informasi, tetapi juga bertujuan untuk mengubah atau mempengaruhi suatu sikap, kepercayaan, dan perilaku seseorang sehingga mereka bertindak sesuai dengan apa yang telah diharapkan oleh komunikator. Adapun sasaran dari komunikasi ini meliputi 3 hal, yaitu perubahan pada aspek kognitif, afektif, dan konatif. Teknik-teknik yang digunakan dalam menjalankan komunikasi ini terdiri dari 5 tahapan; yaitu Asosiasi, Integrasi, Pay-Off, Fear-Arrousing, dan Icing. Sedangkan tujuan dari komunikasi persuasif adalah Response-Shaping, Response- Reinforcing, dan Response-Changing. Ketiga komponen diatas saling berkaitan dalam proses berjalannya komunikasi persuasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa model komunikasi dakwah Hasan Al-Banna yang dikaitkan dengan ketiga komponen komunikasi persuasif diatas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif melalui pendekatan historis. Sumber data didapatkan dari kitab Majmuatu Rasail. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan pengkajian dokumen. Analisa dilakukan dengan anlisa menggunakan teori komunikasi persuasif Onong Uchjana disertai formula AIDDA dan Teori Gerald R. Miller dalam hal tujuan komunikasi persuasif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pola persuasif yang dilakukan oleh Hasan Al-banna dalam menyampaikan risalahnya. Teknik asosiasi yang dibuktikan dengan pemaparan kondisi mesir yang sedang dijajah barat. Teknik Integrasi yang dibuktikan dengan penyampaian bahwa sesama umat islam harus memiliki keinginan untuk menegakkan kembali agama islam. Teknik Pay-Off dibuktikan dengan balasan kebaikan, pahala, keselamatan dunia dan akhirat apabila ikut serta dalam gerakan untuk menegakkan agama Islam. Teknik Fear- Arrousing dibuktikan dengan penggambaran kebobrokan umat islam dan akibatnya apabila tidak segera memperbaiki diri. Dan teknik Icing dibuktikan dengan banyak penggambaran untuk sekedar menguatkan suatu kata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habiburrohman, Izzudinizzudinhabib97@gmail.comB91216092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, Abdullah-2017126501
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah
Komunikasi
Keywords: Komunikasi persuasif; dakwah; Hasan al Banna
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Izzudin Habiburrohman
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:28
Last Modified: 01 Dec 2023 08:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66609

Actions (login required)

View Item View Item