Analisis hermeneuitika Paul Ricoeur terhadap teks lirik lagu deadsquad “hiperbola dogma monotheis” sebagai kritik keagamaan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Katalistyo, Azam Augy (2021) Analisis hermeneuitika Paul Ricoeur terhadap teks lirik lagu deadsquad “hiperbola dogma monotheis” sebagai kritik keagamaan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azam Augy Katalistyo _E01215006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembahasan karya ilmiah ini bertujuan untuk menemukan makna yang tersirat secara teoritis dari lirik lagu Deadsquad yang berjudul “Hiperbola Dogma Monotheis”, dan fokus penelitian ini adalah pada sebuah teks yang berisikan lirik lagu yang digunakan sebagai media dalam mrngkritik suatu kejanggalan dalam keagamaan. dalam penelitian ini penulis menggunakan teori analisis hermeneutika yang digunakan untuk membedah lirik lagu tersebut. Adapun metodologi yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif atau library research, yang dilakukan dengan cara pengamatan dan penelitian pustaka dan menganalisanya dengan teori hermeneutika Paul Ricoeur. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwasanya lirik lagu yang penulis lagu ciptakan bisa ada karena beberapa faktor, misalnya lingkungan, politik, dan agama. dalam penelitian ini musik dijadikan sebagai media untuk mengkritik sesuatu kejadian yang janggal dalam kehidupan. terutama dari segi keagamaan. agama sering diperbincangkan oleh banyak orang karena pembahasannya sangat absolut bagi pengikutnya. lirik yang tercipta hadir untuk mengkritik fenomena kebiasaan akhlak pada oknum dan organisasi yang berlabelkan agama. perlunya kita sadari bahwa kita sangatlah butuh sebuah media dan sarana untuk melampiaskan isi hati dan gejolak jiwa, dan musik hadir untuk menjadi penyampaiannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Katalistyo, Azam AugyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDUmam, Muchammad HelmiUNSPECIFIED2004057901
Subjects: Agama
Adat
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Death metal, Deadsquad, musik, kritik sosial , kritik keagamaan, analisis hermeneutika Paul Ricoeur
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Unnamed user with email Azamugy@gmail.com
Date Deposited: 27 Nov 2023 08:04
Last Modified: 27 Nov 2023 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66615

Actions (login required)

View Item View Item