Konsep Al Wara’ Quraish Shihab dalam Tafsir Almishbâh

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mualimah, Siti (2022) Konsep Al Wara’ Quraish Shihab dalam Tafsir Almishbâh. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti mualimah_E07218035.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wara’ berasal dari bahasa arab yang memiliki arti shaleh atau menjauhkan diri dari perbuatan dosa. Wara’ artinya menjauhkan diri dari dosa, maksiat dan perkara syubhat. Dalam istilah wara’ adalah menjahui perkara yang syubhat karna takut terjatuh dalam perkara yang haram, menurut Ibrahim bin Adham wara’ adalah meninggalkan perkara yang syubhat.Berkenaan dengan prilaku manusia, maka peneliti memilih al-Qur’an sebagai alat analisis dan peneliti memilih tafsȋr al-Mishbâh karya M. Quraish Shihab. Untuk memudahkan dalam penelitian penulis merumuskan pokok permasalhan bagaimana Wara’ quraish shihab dalam tafsir al-misbah? Konsep al-wara’ menurut Quraish Shihab?. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data yang bersifat kepustakaan, misalnya buku, majalah, naskah, jurnal, kisah, dokumen, dan lain sebagainya. Berdasarkan penelitian dari fokus masalah yang peneliti kaji ditemukan kesimpulan bahwa Wara’ menurut M. Quraish Shihab diartikan sebagai nilai kesucian jiwa (hati) maupun pakaian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mualimah, Sitisitimualimah999@gmail.comE07218035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmuji--2027096201
Keywords: wara’; tafsir al-mishbâh
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:35
Last Modified: 28 Nov 2023 01:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66618

Actions (login required)

View Item View Item