Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas IV di Min 2 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Sukmawati (2023) Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas IV di Min 2 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sukmawati Wardani_D97218111 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
Sukmawati Wardani_D97218111.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pernyataan guru matematika sekaligus salah satu guru kelas IV di MIN 2 Kota Surabaya, yang menyatakan hasil belajar matematika peserta didik masih rendah. Dari keterangan tersebut terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan belajar matematika. Kesulitan belajar matematika yang dialami oleh peserta didik jika dibiarkan begitu saja akan berakibat buruk pada peserta didik akan semakin berkurang minatnya pada pembelajaran matematika, semakin kesulitan pada materi pelajaran selanjutnya, dan sehingga berlanjut menjadi mata pelajaran yang dihindari oleh peserta didik. Mengingat pentingnya matematika pada kehidupan sehari-hari dan berkaitan dengan perkembangan ilmu lainnya, maka kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik sebaiknya dideteksi sejak dini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat kesulitan belajar matematika pada peserta didik kelas IV di MIN 2 Kota Surabaya? 2) Apa saja bentuk kesulitan belajar matematika pada peserta didik kelas IV di MIN 2 Kota Surabaya? 3) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika pada peserta didik kelas IV di MIN 2 Kota Surabaya?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mix methods) dengan desain Eksplanatory sequential (desain sekuensial eksplanatoris) yaitu tahap pertama dalam desain ini adalah mengumpulkan dan menganalisis data kuantitatif, kemudian menganalisis dan mengumpulkan data kualitatif. Teknik pengumpulan yaitu dokumentasi, kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis model Milles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat 68% peserta didik mengalami kesulitan belajar matematika dan terdapat 12,5% soal PAT matematika dalam kategori sukar, 2) Bentuk-bentuk kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik kelas IV di MIN 2 Kota Surabaya, yaitu: (a) 18% peserta didik mengalami kesulitan belajar matematika dalam bentuk Grouping Process, (b) 4% peserta didik mengalami kesulitan belajar matematika dalam bentuk Persepsi Visual dan Auditori, (c) 47% peserta didik mengalami kesulitan belajar matematika dalam bentuk Spasial, (d) 31% peserta didik mengalami kesulitan belajar matematika dalam bentuk Memori, (e) 60% peserta didik mengalami kesulitan belajar matematika dalam bentuk Urutan, dan (f) 41% peserta didik mengalami kesulitan belajar matematika dalam bentuk Abstrak. Dari bentuk-bentuk kesulitan belajar matematika tersebut, bentuk kesulitan belajar matematika yang tergolong rendah dialami peserta didik yaitu kesulitan dalam bentuk grouping process, persepsi dan visual, dan memori. Kesulitan belajar matematika yang tergolong sedang dialami peserta didik yaitu kesulitan dalam bentuk spasial dan abstrak. Sedangkan kesulitan belajar matematika yang tergolong tinggi dialami peserta didik yaitu kesulitan dalam bentuk urutan. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika peserta didik kelas IV di MIN 2 Kota Surabaya, yaitu karena faktor internal dan eksternal. Faktor internal antara lain: pemahaman, kemampuan, minat, motivasi, dan sikap, sedangkan faktor eksternal antara lain: perhatian orang tua, teman bergaul, dan suasana sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Sukmawatiwardanisukmawati10@gmail.comD97218111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
UNSPECIFIEDTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Belajar
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Belajar matematika; siswa kelas IV
Depositing User: Sukmawati Wardani
Date Deposited: 30 Nov 2023 08:05
Last Modified: 30 Nov 2023 08:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66628

Actions (login required)

View Item View Item