Analisis maslahah mursalah terhadap pandangan Nur Rofiah tentang hak dan kewajiban suami istri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, M Fajrul (2023) Analisis maslahah mursalah terhadap pandangan Nur Rofiah tentang hak dan kewajiban suami istri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Fajrul Huda_C91218116 full.pdf

Download (6MB)
[img] Text
M Fajrul Huda_C91218116.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi memiliki pandangan yang berbeda dari umumnya mengenai hak dan kewajiban suami istri sehingga menarik untuk diteliti. Nur Rofiah memaknai hak dan kewajiban suami istri pada hubungan relasi yang berimbang dan berimbas untuk menghindari terjadinya ketimpangan kepada salah satu pihak saja jika tidak dibarengi dengan keadilan dalam memikul hak dan kewajibannya yang diberikan kepada suami maupun istri sesuai dengan teori maṣlaḥah mursalah untuk mendatangkan maslahat atau kebaikan dalam rumah tangga yang jauh lebih besar. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan Nur Rofiah tentang hak dan kewajiban suami istri beserta dasar hukumnya dan mendapatkan pengetahuan mendalam tentang tinjauan maṣlaḥah mursalah terhadap pandangan Nur Rofiah tersebut. Penelitian ini merupakan studi pandangan tokoh yaitu jenis pendekatan pustaka yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data yaitu menggunakan studi pustaka merupakan metode pengumpulan data yang diarahkan kepada pencarian data dan informasi melalui dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, foto-foto, gambar, maupun dokumen elektronik yang dapat mendukung proses penulisan yaitu karya-karya Nur Rofiah, website Nur Rofiah, zoom meeting kegiatan, dan channel youtube. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Teori yang digunakan untuk menganalisis pandangan Nur Rofiah adalah teori maṣlaḥah mursalah. Hasil dari penelitian ini adalah: pertama, Nur Rofiah berpandangan bahwa konsep hak dan kewajiban suami istri harus setara dan adil sesuai dengan porsi masing-masing karena baik laki-laki ataupun perempuan mutlak menjalankan sesuai dengan ketentuan syariat, dan dasar hukum yang digunakan adalah Q.S al-An’am ayat 74, Q.S al-Hujurat ayat 13, an-Nisa’ ayat 128, dan Q.S Al-Baqarah ayat 187; kedua, pandangan Nur Rofiah tentang hak dan kewajiban suami istri dalam rumah tangga sesuai dengan maṣlahah mursalah karena dapat mendatangkan manfaat yang lebih besar bagi pasangan suami istri dalam memikul hak dan kewajibannya. Dari hasil penelitian di atas maka: pertama, hendaknya pasangan suami istri dapat mengimplementasikan nilai-nilai keadilan dan kesetaraan sehingga tercipta kesejahteraan, ketentraman, kedamaian dalam berkeluarga karena pada dasarnya hubungan bukan perkara satu orang, namun bagaimana antara dua orang memiliki satu tujuan yang sama yaitu menggapai ridha Tuhan; dan kedua, hendaknya bagi pembuat kebijakan dalam menyusun sebuah peraturan perkawinan seperti pembagian tugas hak dan kewajiban suami istri harus lebih dipertimbangkan dalam memperhatikan kondisi antara dua orang perempuan dan laki-laki untuk tidak memberatkan satu pihak suami maupun pihak istri saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, M Fajrulhudafajrul10@gmail.comC91218116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlya, Zakiyatululyaelzakiya@gmail.com199007122015032008
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Maslahah mursalah; pandangan Nur Rofiah; hak dan kewajiban suami istri
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: M Fajrul Huda
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:56
Last Modified: 04 Dec 2023 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66646

Actions (login required)

View Item View Item