Analisis kualitas air sungai Tambak Oso Gunung Anyar menggunakan metode Indeks Pencemaran (IP)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aji, Ahmad Abiyu (2023) Analisis kualitas air sungai Tambak Oso Gunung Anyar menggunakan metode Indeks Pencemaran (IP). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Abiyu Aji_H75216026 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Ahmad Abiyu Aji_H75216026.pdf

Download (7MB)

Abstract

Sungai Tambak Oso merupakan sumber air dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat di sekitarnya. Pentingnya peran Sungai Tambak Oso ini maka diperlukannya penentuan kualitas air yang bersifat menyeluruh dengan menggunakan paramater kualitas air sungai dan merumuskan strategi pengendalian pencemaan air yang terjadi. Penggunaan indeks kualitas air dapat mempermudah penentuan kualitas air sungai serta mempermudah juga dalam pemberian informasi kepada pihak yang membutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah menentukan status mutu air dan strategi pengendalian pencemaran air sungai Tambak Oso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling dengan menggunaan perhitungan indeks pencemaran air di 4 titik lokasi sampling. Penentuan status mutu air menggunakan metode indeks pencemaran menurut Kepmen LH 115/2003. Parameter yang diamati dan diukur ada 6 paramater dengan menggunakan metode Standar Nasional Indonesia (SNI) pengukuran kualitas air meliputi sifat fisika dan kimia dari badan air sungai yaitu suhu, TSS, pH, DO, BOD, dan TDS. Hasil yang didapatkan Status mutu air dengan menggunakan indeks pencemaran stasiun 1-4. termasuk dalam kategori tercemar ringan dengan nilai 3,3. Strategi pengendalian pencemaran sungai dapat dilakukan dengan pengurangan beban pencemaran yaitu dengan melibatkan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan sungai dan perlu melakukan efektifitas pengelolaan dan manajemen IPAL yang lebih baik yang lebih melibatkan peran serta masyarakat dalam teknis pengelolaannya, serta perlunya pemantauan rutin kualitas air sungai dan memetakan sumber-sumber pencemar potensial pada setiap lokasi sehingga permasalahan akan cepat teratasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aji, Ahmad Abiyuabiyuaji1@gmail.comH75216026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwazna@uinsby.ac.id2028038601
Thesis advisorNengse, Sulistiyasulistiya.nengse@uinsby.ac.id0709109001
Subjects: Lingkungan Hidup
Keywords: Air sungai; metode Indeks Pencemaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ahmad Aji
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:10
Last Modified: 12 Dec 2023 03:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66648

Actions (login required)

View Item View Item