Konsep kenabian dalam al-Qur'an: analisa konsep nabi dan rasul Hasbi al-Siddieqy dalam tafsir al-Nur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amir, Halida (2023) Konsep kenabian dalam al-Qur'an: analisa konsep nabi dan rasul Hasbi al-Siddieqy dalam tafsir al-Nur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Halida Amir_E93216111 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Halida Amir_E93216111.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas dua hal: 1) Kata nabi bermula dari lafad naba’a yang memiliki arti memberitakan sesuatu yang besar manfaatnya yang menjadikan orang-orang mengetahui tentang sesuatu. Sedangkan menurut al-Raghib al-Asfahani memberi tambahan bahwa maksud berita tersebut bukanlah berita biasa, namun berita yang tidak mungkin terdapat kesalahan. Rasul mempunyai arti utusan atau yang diutus oleh Allah kepada umat manusia walaupun di dalam Al-Qur’an perkataan rasul kadang-kadang dikenakan juga kepada malaikat yang menyampaikan wahyu dari Allah kepada Nabi. 2) Nama Nabi Zulkifli yang termasuk ke dalam penyebutan jumlah 25 nabi dan rasul patut dipertanyakan ulang. Sebab para ulama pun belum bersepakat tentang kenabiannya. Selain itu nama Nabi Samuel yang banyak ditemui dalam banyak kitab tafsir pun tidak tergolong kepada 25 nabi dan rasul dalam Al-Qur’an. Selain itu juga nama Nabi Khidir yang tidak dimasukkan ke dalam nama 25 nabi dan rasul jika nama 25 nabi dan rasul tersebut merupakan nama-nama yang telah disepakati ulama. Padahal nama Nabi Khidir pun merupakan salah seorang nabi yang juga disepakati oleh jumhur ulama. Kemudian ‘Imran dan Maryam merupakan dua orang nama nabi. Meskipun penulis tafsir yakni Hasbi al-Siddieqy tidak memaparkan atau menyebutnya secara eksplisit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amir, Halidahalidaamir15@gmail.comE93216111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYardho, Mohmyardho@gmail.com2110068501
Subjects: Agama
Cerita Nabi
Al Qur'an
Keywords: Nabi; rasul; Hasbi al-Siddieqy; tafsir al-Nur
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: halida amir
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:41
Last Modified: 04 Dec 2023 08:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66657

Actions (login required)

View Item View Item