Kontribusi home industry sayangan terhadap penyerapan tenaga kerja dan pendapatan masyarakat sekitar di desa Kesambi Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmiahwan, Wafi Putra (2022) Kontribusi home industry sayangan terhadap penyerapan tenaga kerja dan pendapatan masyarakat sekitar di desa Kesambi Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Wafi Putra Ilmiahwan_G01217024 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Wafi Putra Ilmiahwan_G01217024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Negara Indonesia sebagai Negara berkembang dengan berbagai masalah ekonomi, salah satu satu sektor yang berdampingan dengan perubahan ekonomi adalah sektor industri. Tujuan sektor industri untuk mendorong sektor perekonomian lainnya menuju pembangunan ekonomi. Pembangunan dan industri merupakan dua hal yang harus dikaitkan dalam sebuah proses untuk memenuhi kesejahteraan masyarakat. Ekonomi yang berkembang di Indonesia selalu dikaitkan dengan adanya peranan home industry untuk mensejahterakan keadaan ekonomi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kontribusi, faktor pendukung, dan faktor penghambat home industry sayangan dalam meningkatakan ekonomi masyarakat di Desa Kesambi, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekriptif kualitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Data primer diperoleh langsung dari narasumber dilapangan yang berupa wawancara untuk mengumpulkan sumber informasi. Data sekunder diperoleh dari BPS, Dinas industri Kabupaten Sidoarjo, dan instansi yang terkait Pengolahan data memiliki peranan yang penting dari setiap penelitian, pengolahan data pada penelitian ini terdiri dari pengumpula data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan bersama pemilik dan pekerja home industry sayangan di Desa Kesambi, di dapatkan hasil bahwa pembuatan kerajinan sayngan di Desa Kesambil yang dilakukan pekerjanya masih menggunakan cara yang manual, beberapa pemilik home industry susah mengembangkan usaha sayangan dikarenakan modal yang sangat minim, sementara dari pengadaan bahan baku juga masih terbatas. Di samping itu jangkauan pemasaran masih sempit, sehingga sulit untuk memasarkan produk yang mereka hasilkan. Adapun peran home industry ini adalah membantu perekonomian keluarga, mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adanya home industry sayangan di Desa Kesambi memiliki peranan yang penting dalam membangun ekonomi masyarakat dengan cara mengurangi tingkat pengangguran dan mendapatkan tambahan pemasukan pendapatan keluarga disekitar Desa. Sehingga, dapat disarankan. Pelaku home industry harus selalu kreatif dan inovatif, menjaga kualitas bahan baku yang dijadikan sebagai bahan dasar olahan produk, meningkatkan pelayanan terhadap konsumen, dan mempelajari strategi pemasaran agar kerajinan sayangan dapat bersaing dengan produk-produk sejenis baik secara nasional dan internasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmiahwan, Wafi Putrawafi.ilmiahwan08@gmail.comG01217024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitimusfiqoh@uinsby.ac.id2013087601
Subjects: Ekonomi
Industri RumahTangga
Tenaga Kerja
Keywords: Home industry; kerajinan sayangan; tenaga kerja; pendapatan masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: wafi putra ilmiahwan
Date Deposited: 05 Dec 2023 02:34
Last Modified: 05 Dec 2023 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66659

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item