Eko-sufisme di pesantren: studi kasus di pondok pesantren al Amien Prenduan Sumenep Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islam, Ach. Syaiful (2022) Eko-sufisme di pesantren: studi kasus di pondok pesantren al Amien Prenduan Sumenep Madura. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ach. Syaiful Islam_02040220001 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 December 2026.

Download (2MB)
[img] Text
Ach. Syaiful Islam_02040220001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Krisis ekologis terus melaju, manusia kehilangan rasa natural yang positif saat menata hubungannya dengan lingkungan, mereka kehilangan nalar naturalnya sehingga alam diabaikan. Seruan untuk merawat lingkungan dari bencana kerusakan dan krisis telah ditegaskan dalam al-Qura>n, tetapi seruan tersebut menguap begitu saja tanpa ada aplikasi riil dan semangat untuk menerapkannya. Pondok Al-Amien Prenduan, konstruk normatifitas sudah menjelma menjadi program aplikatif pengentasan krisis lingkungan dengan program-program konservasi. Sehingga penelitian ini diangkat menjadi sebuah tema “eko-sufisme di Pesantren” studi kasus di pondok Al-Amien, dengan tiga pertanyaan: bagaimana konsep tasawuf berbasis ekologi, bagaimana eko-sufisme di pondok Al-Amien Prenduan dan kaitannya dengan konservasi lingkungan, dan bagaimana aksi kesadaran lingkungan yang berbasis nilai-nilai eko-sufi di pondok Al-Amien Prenduan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan yang menekankan pentingnya kualitas data-data yang diperoleh melalui tiga aktifitas pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Topik penelitian didekati dengan perangkat teori-teori keilmuan sufistik sebagai payung keilmuan (grand theory) guna pemetaan dalam rangka pengayaan dorongan atau motif prilaku konservasi lingkungan yang sudah ada. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan: pertama, eko-sufisme merupakan konsep penyatuan kesadaran antara kesadaran berlingkungan dan kesadaran berketuhanan. Kedua, konsep eko-sufisme dan konservasi lingkungan di pondok Al-Amien meningkatkan kualitas kecerdasan spritualitas dan kecerdasan ekologis santri, menjadikan agama tidak hanya mapan pada tataran normatif tetapi juga mapan dalam tataran aplikatif. Ketiga, aksi kesadaran lingkungan berbasis sufistik di Al-Amien Prenduan yaitu menginternalisasi nilai-nilai keagamaan berbasis lingkungan, dengan melalui pendekatan etika berlingkungan, serta memaksimalkan fungsi manusia sebagai khalifah dan ‘abd.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islam, Ach. Syaifulsyaiful.islamqori@gmail.com02040220001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRiyadi, Abdul KadirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRofhani, RofhaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tasawuf
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Eko-sufisme pesantren; konservasi lingkungan; aksi kesadaran
Divisions: Program Magister > Magister Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: ach. syaiful islam
Date Deposited: 27 Dec 2023 01:49
Last Modified: 27 Dec 2023 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66664

Actions (login required)

View Item View Item