Pengorganisasian masyarakat dalam mengantisipasi bencana hidrometeorologi di Dusun Troliman Desa Begaganlimo Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'yun, Qurrata (2023) Pengorganisasian masyarakat dalam mengantisipasi bencana hidrometeorologi di Dusun Troliman Desa Begaganlimo Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qurrata A'yun_B92218128_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 December 2026.

Download (4MB)
[img] Text
Qurrata A'yun_B92218128.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengorganisasian masyarakat Desa Begaganlimo yang memiliki tingkat kerentanan yang tinggi tehadap risiko bencana hidrometeorologi. Tujuan dari pengorganisasian masyarakat ini untuk mewujudkan masyarakat yang siaga terhadap risiko bencana hidrometeorologi. Kemudian membahas tentang strategi perencanaan untuk mengatasi tingginya tingkat kerentanan masyarakat dalam mengantisipasi bencana hidrometeorologi di Desa Begaganlimo. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research), yang mengaitkan secara aktif seluruh pihak dalam mengkaji masalah yang terjadi untuk melakukan perubahan dan perbaikan ke arah yang lebih baik.Strategi yang digunakan untuk mengatasi tingginya tingkat kerentanan masyarakat adalah pembuatan media edukasi, mengorganisir keberfungsian kelompok, dan mengorganisir advokasi kebijakan. Adapun hasil dari kegiatan pengorganisasian ini adalah adanya media edukasi berupa peta bencana, efektifnya kelompok destana sebagai bentuk keberfungsian kelompok destana, dan munculnya kebijakan pemerintah desa mengenai kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana hidrometeorologi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'yun, Qurrataayunarifin38@gmail.comB92218128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Abdul Mujibabdulmujibadnan@gmail.com2007025902
Subjects: Bencana alam
Pengabdian Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pengorganisasian; bencana hidrometeorologi; pemetaan spasial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Qurrata A'yun
Date Deposited: 05 Dec 2023 01:50
Last Modified: 05 Dec 2023 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66677

Actions (login required)

View Item View Item