Implementasi Agglomerative Hierarchical Clustering dalam mengklaster kabupaten/kota di Indonesia berdasarkan capaian kinerja pengelolaan sampah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Nabilah Khairunnisa' (2023) Implementasi Agglomerative Hierarchical Clustering dalam mengklaster kabupaten/kota di Indonesia berdasarkan capaian kinerja pengelolaan sampah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabilah Khairunnisa' Hakim_H72217054 full.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nabilah Khairunnisa' Hakim_H72217054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Diperkirakan timbulan sampah selalu meningkat setiap tahunnya seiring pertambahan populasi manusia, revolusi industri, dan konsumsi sumber daya alam yang tinggi. Timbulan sampah jika tidak diatasi dengan baik akan berdampak buruk bagi sektor kehidupan. Indonesia telah menjelaskan dan mengatur mengenai pengelolaan sampah dalam Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 namun masih terdapat beberapa Kab/Kota yang masih belum melakukan pengelolaan sampah dengan baik. Penelitian ini bertujuan melakukan klastering Kab/Kota menggunakan Agglomerative Hierarchical Clustering (AHC) untuk mengetahui klaster Kab/Kota sesuai dengan kinerja pengelolaan sampah dengan variabel yang digunakan yaitu jumlah timbulan sampah, jumlah pengurangan sampah, jumlah penanganan sampah, dan jumlah sampah terkelola dari 248 Kab/Kota. Hasil penelitian menunjukkan dari 3 metode yang digunakan, hasil klaster terbaik menggunakan metode Average Linkage dengan hasil klaster terbaik sebanyak 4 klaster nilai silhouette coefficient sebesar 0,735 dengan 4 klaster Kab/Kota yang terbentuk dengan kinerja pengelolaan sampah kategori terbaik sebanyak 4 kota, kategori baik sebanyak 6 kota, kategori cukup baik sebanyak 1 kabupaten dan kategori kurang sebanyak 238 kab/kota. Diharapkan dari penelitian ini pemerintah dapat membuat kebijakan yang menyesuaikan dengan kinerja pengelolaan sampah di kab/kota.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Nabilah Khairunnisa'H72217054@student.uinsby.ac.idH72217054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Subjects: Matematika
Keywords: Pengelolaan sampah; Agglomerative Hierarchical Clustering; Silhouette Coefficient; Klaster
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Nabilah Khairunnisa' Hakim
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:05
Last Modified: 06 Dec 2023 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66679

Actions (login required)

View Item View Item