Produk murabahah dalam pemberdayaan UMKH di BSI KCP Lamongan Wahidin perspektif maqasid shari'ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Qoni' (2023) Produk murabahah dalam pemberdayaan UMKH di BSI KCP Lamongan Wahidin perspektif maqasid shari'ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qoni’ Afifah_C92219135 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Qoni’ Afifah_C92219135.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berangkat dari tiga rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana Penerapan murabahah dalam pemberdayaan UMKM di BSI Kcp Lamongan Wahidin? (2) Bagaimana manfaat penerapan murabahah terhadap pemberdayaan UMKM di BSI Kcp Lamongan Wahidin? (3) Bagaimana tinjauan maqāṣid sharī’ah terhadap mekanisme pembiayaan murabahah di BSI Kcp Lamongan Wahidin?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana tujuannya untuk menggambarkan secara sistematis tentang fokus penelitian pada tinjauan maqāṣid sharī’ah terhadap pembiayaan murabahah dalam pemberdayaan UMKM. Teknik pengumpulan data dengan cara interview (wawancara) dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang dihasilkan yaitu: (1) Penerapan pembiayaan murabahah dalam pemberdayaan UMKM di BSI Kcp Lamongan Wahidin dilakukan menggunakan akad wakalah dengan memberikan kuasa kepada nasabah untuk membeli barang yang telah disepakati, namun pihak BSI tetap melakukan pengawasan terhadap pembelian barang agar nasabah tidak keluar dari aturan transaksi yang ada dalam syariat Islam. (2) Manfaat penerapan murabahah terhadap pemberdayaan UMKM di BSI Kcp Lamongan Wahidin sangat dirasakan oleh para nasabah. Menurut hasil wawancara terhadap narasumber, indikasi berkembangnya usaha nasabah dapat dilihat dari adanya peningkatan laba, adanya ekspansi usaha, dan adanya penambahan karyawan. (3) Mekanisme pembiayaan murabahah di BSI Kcp Lamongan Wahidin telah sesuai dengan nilai-nilai maqāṣid sharī’ah, yakni menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga harta, dan menjaga keturunan. Dari kesimpulan di atas, maka penulis menyarankan kepada pihak BSI Kcp Lamongan Wahidin agar melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pembiayaan syariah, dikarenakan banyaknya masyarakat yang masih awam terhadap pembiayaan yang berbasis syariah, dan tidak mengetahui perbedaan antara pembiayaan pada bank syariah dan bank konvensional. Di era persaingan fintech atau financial technology antar industri perbankan, penulis menyarankan seharusnya pada aplikasi BSI mobile diadakan fitur untuk melakukan pengajuan macam-macam pembiayaan, salah satunya yakni pembiayaan murabahah. Tujuannya jelas yakni untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses produk-produk keuangan dan menyederhanakan proses transaksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Qoni'qoniafifah441@gmail.comC92219135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusaf'ah, Suqiyahuqiefais@gmail.com2027036301
Thesis advisorJunaidy, Abd. Basyid-2001096001
Thesis advisorHimami, Fatihulfatikul@uinsby.ac.id /2023098002
UNSPECIFIEDNooriansyah, Subhansubhan.nooriansyah@uinsby.ac.id199012282020121010
Subjects: Bank dan Perbankan
Ekonomi Islam
Keywords: Murabahah; pemberdayaan UMKH; perspektif maqasid shari'ah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Qoni Afifah
Date Deposited: 05 Dec 2023 03:52
Last Modified: 05 Dec 2023 03:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66687

Actions (login required)

View Item View Item