Mengungkap praktik pencatatan dan pelaporan zakat, infaq, dan shadaqah di LAZ Nurul Hayat Kabupaten Sidoarjo Dalam perspektif PSAK 109

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handiar, Salsabila Setya Putri (2022) Mengungkap praktik pencatatan dan pelaporan zakat, infaq, dan shadaqah di LAZ Nurul Hayat Kabupaten Sidoarjo Dalam perspektif PSAK 109. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salsabila Setya Putri Handiar_G72218053 Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Salsabila Setya Putri Handiar_G72218053.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pencatatan sangat penting dilakukan sebagai alat untuk melaporkan setiap transaksi yang terjadi selama periode tertentu agar menghindari terjadinya kecurangan sehingga perlu dilakukan secara kronologis dan terperinci. Penelitian skripsi yang berjudul “Mengungkap Praktik Pencatatan dan Pelaporan Zakat, Infaq, dan Shadaqah di LAZ Nurul Hayat Kabupaten Sidoarjo Dalam Perspektif Psak 109” bertujuan untuk (1) Mengungkapkan praktik pencatatan zakat, infaq, dan shadaqah di LAZ Nurul Hayat kabupaten Sidoarjo, (2) Mengungkapkan praktik pelaporan zakat, infaq, dan shadaqah di LAZ Nurul Hayat kabupaten Sidoarjo, (3) Menganalisis praktik pencatatan dan pelaporan zakat, infaq, dan shadaqah di LAZ Nurul Hayat Kabupaten Sidoarjo dalam perspektif PSAK 109. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan field research. Teknik analisis yang digunakan adalah Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Praktik pencatatan zakat, infaq, dan shadaqah yang dilakukan di LAZ Nurul Hayat kabupaten Sidoarjo sudah berjalan cukup baik karena dalam pencatatannya telah dilakukan secara sistematis. Pencatatan dilakukan secara terpusat sehingga dapat terpantau secara realtime oleh LAZ Nurul Hayat Pusat. Meskipun telah dilakukan secara komputerisasi, namun praktik pencatatan di beberapa transaksi masih dilakukan secara manual, (2) Praktik pelaporan zakat, infaq, dan shadaqah di LAZ Nurul Hayat kabupaten Sidoarjo dilakukan dengan menyusun dua laporan saja yakni Laporan Penerimaan dan Laporan Penyaluran karena penyusunannya dilakukan sesuai dengan arahan dan kebutuhan. Adapun laporan secara lengkap disusun oleh LAZ Nurul hayat Pusat,. (3) Praktik pencatatan zakat, infaq, dan shadaqah di LAZ Nurul Hayat Kabupaten Sidoarjo dalam perspektif PSAK 109 memiliki persamaan dalam kaitannya dengan pengakuan atas penerimaan dan penyaluran zakat, infaq, dan shadaqah. Disamping itu, dalam praktik pencatatannya masih memiliki perbedaan pada pengakuan atas pendapatan bunga dari bank konvensional yang dicatat sebagai hutang bunga bank. Sama halnya dengan praktik pelaporan zakat, infaq, dan shadaqah di LAZ Nurul Hayat Kabupaten Sidoarjo dalam perspektif PSAK 109 memiliki perbedaan karena LAZ Nurul Hayat Kabupaten Sidoarjo hanya menyusun dua laporan saja, yakni Laporan Penerimaan dan Laporan Penyaluran. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi LAZ Nurul Hayat kabupaten Sidoarjo agar mendokumentasikan transaksi penyaluran yang tidak menyertakan nota dalam bentuk rekaman suara/video dengan tujuan untuk mengurangi selisih bukti. Bagi peneliti selanjutnya, skripsi ini dapat dijadikan sebagai referensi dan rujukan dengan topik pencatatan dan pelaporan zakat, infaq, dan shadaqah di LAZ.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handiar, Salsabila Setya Putrisalsabillasetyaputri8@gmail.comG72218053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Binti Shofiatulbintishofiatul@gmail.com--
Subjects: Akuntansi
Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Keywords: Pencatatan; Pelaporan; Zakat Infaq Shadaqah (ZIS); Lembaga Amil Zakat (LAZ)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Salsabila Setya Putri Handiar
Date Deposited: 05 Dec 2023 05:20
Last Modified: 05 Dec 2023 05:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66689

Actions (login required)

View Item View Item