Pengaruh sosialisasi, pengetahuan, dan Bandwagon Effect terhadap minat berinvestasi di Pasar Modal Syariah pada GenBI UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rinaima, Chetrine Alya (2023) Pengaruh sosialisasi, pengetahuan, dan Bandwagon Effect terhadap minat berinvestasi di Pasar Modal Syariah pada GenBI UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chetrine Alya Rinaima_G94219138 Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Chetrine Alya Rinaima_G94219138 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bank Indonesia memiliki program pemberian beasiswa kepada mahasiswa di beberapa universitas di Indonesia, dimana salah satunya adalah UIN Sunan Ampel Surabaya dimana komunitasnya disebut dengan GenBI (Generasi Baru Indonesia). Tidak hanya berupa uang beasiswa, BI juga mengadakan program pengembangan dimana salah satunya adalah mengenai investasi pasar modal. Namun dari 75 anggota, hanya 29,33% diantaranya yang baru terjun di pasar modal syariah, sedangkan sisanya sebesar 70,67 belum terjun di pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sosialisasi, pengetahuan dan bandwagon effect terhadap minat investasi di pasar modal syariah pada GenBI UIN Sunan Ampel Objek penelitian dalam penelitian ini adalah anggota Generasi Baru Indonesia (GenBI) UIN Sunan Ampel Surabaya periode 2022/2023. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan field research (penelitian lapangan) menggunakan bantuan SPSS. Data penelitian yang digunakan adalah data primer dimana uji hipotesisnya menggunakan regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan sampel jenuh, dimana semua populasi digunakan sebagai sampel dalam penelitian dengan total 75 orang. Dari penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa secara parsial sosialisasi (X1) berpengaruh positif terhadap minat investasi di pasar modal syariah, variabel pengetahuan (X2) memiliki pengaruh positif terhadap minat investasi di pasar modal syariah, dan variabel bandwagon effect (X3) berpengaruh positif terhadap minat investasi di pasar modal syariah. Secara simultan, variabel sosialisasi (X1), pengetahuan (X2) dan bandwagon effect (X3) berpengaruh terhadap minat berinvestasi dipasar modal syariah. Saran dalam penelitian ini, bagi GenBI diharapkan untuk lebih meningkatkan intensitas dalam mempelajari pasar modal syariah. Untuk Bank Indonesia diharapkan untuk lebih masif dalam memberi sosialisasi mengenai pasar modal dengan bekerjasama dengan lembaga lain terkait pasar modal. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian yang lebih luas, baik dari segi responden maupun wilayah penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rinaima, Chetrine Alyachetrinealya@gmail.comG94219138
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@uinsby.ac.id--
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Investasi
Keywords: sosialisasi; pengetahuan; bandwagon effect; minat investasi; GenBI
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Chetrine Alya Rinaima
Date Deposited: 07 Dec 2023 05:20
Last Modified: 07 Dec 2023 05:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66692

Actions (login required)

View Item View Item