Pengaruh BI Rate dan jumlah uang beredar terhadap inflasi di Indonesia Tahun 2019.1-2021.12

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susila, Meyta Atna (2023) Pengaruh BI Rate dan jumlah uang beredar terhadap inflasi di Indonesia Tahun 2019.1-2021.12. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Meyta Atna Susila_G91219084 Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Meyta Atna Susila_G91219084.pdf

Download (1MB)

Abstract

Inflasi ialah sebuah kondisi harga-harga barang dan jasa yang dengan menerus mengalami kenaikan. Agar tingkat inflasi dapat selalu terjaga, maka peran Bank Indonesia sebagai pengatur kebijakan moneter perlu untuk mengendalikan laju inflasi agar senantiasa terjaga dan stabil. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh dari BI Rate dan Jumlah Uang Beredar 2019.1-2021.12. Penelitian menggunakan pendekatan secara kuantitatif. Jumlah sample ialah sebanyak 36 dan data sekunder digunakan di mana, data didapat melalui laman resmi Bank Indonesia. Penelitian menggunakan data time series dan diolah menggunakan aplikasi Eviews 10 dengan analisis Error Correction Model dengan melakukan uji Augmented Dickey Fuller (ADF). Hasil penelitian menunjukkan secara parsial untuk jangka pendek variabel BIR dan JUB tidak berpengaruh terhadap Inflasi, untuk jangka panjang variabel BIR berpengaruh signifikan terhadap Inflasi, namun JUB tidak memiliki pengaruh terhadap Inflasi. Secara simultan untuk jangka pendek dan jangka panjang variabel BIR dan JUB berpengaruh signifikan terhadap inflasi. Penelitian ini memberikan bentuk rekomendasi kepada pemerintah melalui Bank Indonesia untuk menambah instrumen lain dari kebijakan moneter selain BI Rate dan jumlah uang beredar yang dapat mengendalikan inflasi baik dalam jangka panjang dan jangka pendek. Instrumen dapat meliputi operasi pasar terbuka, politik diskonto, giro wajib minimum, kredit, dan lain-lain. Pemerintah juga perlu memberikan bentuk stimulus seperti pemberian kredit bagi pelaku usaha akibat terjadinya pandemi yang mengganggu perekonomian negara, hal ini bertujuan sebagai upaya dan langkah pemulihan ekonomi negara.
Untuk peneliti selanjutnya, diharapkan menambah variabel lainnya dan tahun penelitian sehingga didapatkan hasil yang jauh lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susila, Meyta Atnameytaatna21@gmail.comG91219084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Ekonomi
Keuangan
Keywords: Inflasi; BI Rate; Jumlah Uang Beredar
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Meyta Susila
Date Deposited: 06 Dec 2023 01:08
Last Modified: 06 Dec 2023 01:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66694

Actions (login required)

View Item View Item