Model komunikasi remaja pemain game Valorant: studi kasus pada Team E-Sport Buaya Mangap Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Syahansyah Adi (2023) Model komunikasi remaja pemain game Valorant: studi kasus pada Team E-Sport Buaya Mangap Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syahansyah Adi Pratama _ B95219126 Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Syahansyah Adi Pratama _ B95219126.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses komunikasi dan model komunikasi yang digunakan dalam game Valorant, khususnya dari perspektif pemain remaja. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Fenomenologi. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi kelompok. Hasil dari penelitian ini ialah 1) Proses komunikasi dalam game Valorant melibatkan beberapa tahapan. Pertama, pemain menggunakan komunikasi verbal yang berupa instruksi atau pemberian informasi penting yang dapat dilakukan melalui fitur voice chat dalam permainan atau melalui platform komunikasi eksternal seperti Discord. Sebagai pelengkap tersebut digunakannya komunikasi nonverbal melibatkan penggunaan simbol dalam permainan, seperti peta atau tanda untuk menunjukkan lokasi musuh atau strategi yang akan dilakukan. Kemudian pemain menerima pesan dari anggota tim lainnya. Mereka harus memahami pesan tersebut dengan jelas. Kemudian Umpan balik akan dilakukan. 2) Dalam hal ini model komunikasi Schramm dan Seiler cocok digunakan untuk menjelaskan proses komunikasi dalam game Valorant.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Syahansyah Adiaditama5697gmail.comB95219126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalisah, Nikmah Hadiyatinikmah_hs@yahoo.co.id2014017301
Subjects: Ilmu Komunikasi
Remaja
Keywords: Komunikasi; proses komunikasi; model komunikasi; Valorant
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Syahansyah Adi Pratama
Date Deposited: 06 Dec 2023 00:47
Last Modified: 06 Dec 2023 00:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66698

Actions (login required)

View Item View Item