Analisis kebijakan luar negeri Presiden Moon Jae In dalam pemilihan Bangtansonyeondan (BTS) sebagai utusan khusus Presiden Korea Selatan untuk pbb

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofwah, Shofwah (2022) Analisis kebijakan luar negeri Presiden Moon Jae In dalam pemilihan Bangtansonyeondan (BTS) sebagai utusan khusus Presiden Korea Selatan untuk pbb. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofwah_I02218024 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengambil judul Analisis Kebijakan Luar Negeri Presiden Moon Jae In dalam Pemilihan Bangtansonyeondan (BTS) sebagai Utusan Khusus Presiden Korea Selatan untuk PBB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor atau alasan yang melatar belakangi Presiden Moon Jae In memilih BTS sebagai utusan khusus presiden untuk PBB. Dalam penulisan penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif eksplanatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder. Yang didapatkan dari akun sosial media pribadi Presiden Moon Jae In, video wawancara Moon Jae In dan BTS bersama dengan PBB dan ABC News, penelusuran berbasis online seperti situs website resmi pemerintah Korea Selatan, akun media sosial resmi pemerintah Korea Selatan, dan berbagai literature bacaan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori kebijakan luar negeri yang digagas oleh Marijke Breuning terlebih pada level individu. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat tiga faktor yang melatarbelakangi kebijakan presiden Moon Jae In untuk memilih BTS sebagai utusan khusus presiden untuk PBB. Yang pertama, faktor latar belakang presiden Moon Jae In yang merupakan ARMY atau fans dari BTS, selain menggemari grup idola tersebut presiden Moon Jae In juga sangat menghormati mereka. Yang kedua, faktor prestasi BTS yang dapat mempengaruhi ketertarikan dan minat masyarakat internasional khususnya generasi muda untuk ikut berpartisipasi dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan. Yang ketiga, faktor kontribusi yang diberikan oleh BTS kepada Korea Selatan baik berupa materi ataupun immateri seperti meningkatnya citra positif Korea Selatan dan pandangan baik masyarakat dunia terhadap Korea Selatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofwah, Shofwahshofwahjibron168@gmail.comI02218024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmaliyah, Ridharidha.amaliyah@gmail.com2017098502
Subjects: Hubungan Internasional
Keywords: Moon Jae In; BTS; Korean Wave; Kebijakan Luar Negeri
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2023 21:00
Last Modified: 04 Dec 2023 21:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66699

Actions (login required)

View Item View Item